Monday, July 24, 2017

Pertamina Akan Bangun SPBU Di Australia dan Malaysia

January 13, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

PT Pertamina (Persero) akan melakukan ekspansi ke Australia dan Malaysia dengan membangun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mulai pertengahan tahun 2010 ini, dengan biaya investasi sekitar Rp60 miliar.

“Sebelum pertengahan tahun ini kita harapkan bisa membangun dua SPBU di Australia,” kata Direktur Pemasaran dan Niaga, Hanung Budaya, usai meninjau pameran produk dan kegiatan operasional Direktorat Pemasaran dan Niaga Pertamina, di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (12/1).

Menurut Hanung, ekspansi ke Australia tersebut sekaligus memperluas keberadaan Pertamina di negara itu setelah sebelumnya membuka gerai penjualan produk pelumas produksi Pertamina.

“Biaya pembangunan SPBU di luar negeri sebesar Rp60 miliar sudah masuk dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2010. Diharapkan dana tersebut bisa untuk membangun dua unit SPBU, katanya.

Ia menuturkan Pertamina mengakuisisi SPBU yang ada di sana, kemudian memberi merek dagang Pertamina. Selain Australia, perusahaan migas pelat merah ini juga siap mengembangkan SPBU di Malaysia.

“Kalau bisa tahun ini kita usahakan. Tapi kalau tidak maka dilakukan tahun depan (2011),” katanya. Pertamina akan menggandeng Petronas dalam hal penyediaan lahan. Sedangkan bahan bakar minyak yang dijual akan dipasok dari Malaysia.

“Melihat struktur geografis dan efisiensi bisnis, kemungkinan SPBU Pertamina di Malaysia akan dibangun di kawasan Sarawak,” katanya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.