Monday, January 23, 2017

Pertamina agar Selektif Akuisisi Blok Migas

February 11, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

KOMISI VII DPR meminta PT Pertamina (persero) selektif dalam melakukan langkah akuisisi pengelolaan sejumlah blok minyak dan gas (migas) yang akap habis masa kontraknya. Ketua Komisi VD DPR Teuku Riefky Harsya di Jakarta, kemarin, mengatakan pihaknya mendukung rencana Pertamina mengambil alih sejumlah blok migas yang habis masa konsesinya tersebut.

“Opsi akuisisi hendaknya dilakukan selektif dan dihitung secara matang, khususnya kelayakan blok di satu sisi dan kemampuan finansial dan dukungan teknologi di sisi lainnya,” katanya. Pertamina, tambahnya, juga bisa lebih mengoptimalkan pendanaan pihak ketiga untuk mengakuisisi blok-blok tersebut. Meski demikian, Riefky meminta pemerintah mempertimbangkan hak kontraktor sebelumnya untuk memperpanjang kontrak. “Ini untuk menjaga iklim investasi, selain mengingat pula keterbatasan perusahaan nasional dan pemerintah,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi Vn DPR pekan lalu. Dirut Pertamina Karen Agusbawan mengatakan pihaknya meminta pemerintah memberikan hak secara otomatis untuk mengelola blok yang akan berakhir 2010 dan seterusnya sebagaimana diberlakukan di negara lain seperti Nigeria.

Pertamina terbukti mampu mengelola blok lebih baik seperti Sanga-sanga dan Onshore North West Java (ON WJ) yang mengalami kenaikan produksi sejak diambil alih. Khusus Blok Mahakam, yang kini tengah dalam proses perpanjangan kontrak, Karen mengatakan, pada tahap awal Pertamina akan mengambil alih kepemilikan sebesar 25% blok yang akan habis masa konsesinya pada 2017 itu. Selanjutnya, Pertamina bertekad mengelola sendiri blok migas yang akan habis masa kontraknya dengan Total EP Indonesie dan Inpex Corporation tersebut.

Dalam 10 tahun ke depan, tercatat 24 blok migas yang akan habis masa kontraknya. Blok-blok itu di antaranya West Madura, Mahakam, Tuban, Siak, East Kalimantan, Jambi Merang, dan North Sumatra B Block. Pertamina tahun ini menyiapkan dana RplO,2 triliun guna mengakuisisi sejumlah blok yang berpotensi dikembangkan lebih lanjut. (Ant/Jaz/E-3)

Media Indonesia

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.