Saturday, March 25, 2017

Peraturan presiden Perpres Panas Bumi Segera Terbit

October 24, 2010 by  
Filed under Alternatif

energiterbarukan.net-Peraturan Presiden (Perpres) terkait penugasan kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN persero) untuk membeli tarif panas bumi sebagai hasil tender akan segera terbit.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Sutisna Prawira seusai Paparan Pencapaian Sektor ESDM pada satu tahun kabinet indonesia bersatu (KIB) II di Gedung KESDM, Kamis  14  Oktober 2010.

“Sekarang sudah di sekretariat negara (setneg), diharapkan segera terbit”ujar dia.

Sutisna menjelaskan, latar belakang diterbitkan Perpres tersebut adalah PLN merasa keberatan dengan harga patokan tertinggi yang  ditetapkan  sebesar 9,70 sen US$/kWh untuk pembelian tenaga listrik oleh PLN, dengan demikian dengan adanya Perpres tersebut PLN lebih memiliki payung hukum serta perlindungan. “Kalau ada payung hukum PLN merasa lebih nyaman dan harga patokan US$9,7 sen bisa dinego kembali,”paparnya.

Beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) KESDM Luluk Sumiarso menuturkan diterbitkannya Perpres ini  akan mempercepat pengembangan panas bumi dan juga, karena memberi kepastian hukum baik kepada investor maupun PLN.

Soal kendala hutan lindung, Luluk mengatakan, Kementerian Kehutanan tengah mengupayakan pembatasan pemberian rekomendasi maksimal selama tiga bulan. “Batas waktu ini diharapkan akan membuat rekomendasi bisa segera keluar,” katanya.

Menurut dia, selama ini, penerbitan rekomendasi pemakaian kawasan hutan lindung bisa mencapai berbulan-bulan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.