Tuesday, July 25, 2017

Percepatan Produksi Blok Cepu Jadi PR Wapres

February 16, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Wakil Presiden Boediono menyatakan, percepatan produksi secara penuh untuk Blok Cepu sampai 20.000 barrel per hari adalah pekerjaan rumah atau PR yang harus dipenuhi oleh dirinya kepada Pemprov Jawa Tengah.
Langkahnya masih akan dibicarakan dalam rapat lanjutan.

Oleh sebab itu, Wapres mempersiapkan langkah untuk mempercepat secara penuh produksi Blok Cepu tersebut sampai 20.000 barrel per hari. Namun, Juru Bicara Wapres, yang juga Staf Khusus Bidang Media Massa, Yopie Hidayat, saat ditanya pers, seusai rapat internal di Istana Wapres, Jakarta, Senin (15/2/2010) sore, belum mau mengungkapkan langkah apa yang akan dilakukan.

“Langkahnya masih akan dibicarakan dalam rapat lanjutan, satu atau dua hari ini, atau minggu depan,” ujar Yopie.

Menurut Yopie, rapat pendahuluan untuk mempersiapkan langkah terebut sudah dimulai Senin ini di Istana Wakil Presiden, Jakarta. Rapat dipimpin oleh Wapres Boediono yang membahas pasokan gas alam untuk ketersediaan industri keramik dan pembangkit PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Selain Ketua Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto, hadir pula Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan.

Yopie mengatakan rapat pendahuluan dilakukan Wapres untuk mengecek produktivitas blok yang dikelola oleh PT ExxonMobile Indonesia. Saat kunjungan kerja ke Semarang, Wapres mendapat keluhan dari Gubernur Jateng Bibit Waluyo dan Bupati Blora Budi Sancoyo bahwa produksi Blok Cepu belum juga mencapai produksi penuh sebesar 20.000 barrel per hari. “Padahal, diharapkan Exxon sudah bisa mencapai produksi penuh dan diharapkan bisa memberikan bagi hasil,” jelas Yopie.

Dikatakan Yopie, Dirut Pertamina memang mengungkapkan sejumlah masalah dengan belum tercapainya produksi penuh Blok Cepu. “Namun, itu teknis dan masih akan ditindaklanjuti lagi dalam rapat lanjutan,” kilah Yopie. Salah satu masalah yang dihadapi Exxon, tambah Yopie adalah masalah koordinasi di daerah.

Kuntoro yang ditanya pers juga tidak mau mengungkapkan lebih jelas lagi hasil rapat. “Ya, kita memang membahas Blok Cepu, akan tetapi akan dilanjutkan lagi dalam rapat berikutnya,” tandas Kuntoro.

kompas.com

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.