Friday, May 26, 2017

Perancis Tawarkan Solar Project bagi Daerah dengan Rasio Elektrifikasi Rendah

April 12, 2010 by  
Filed under Solar Cell

Delegasi anggota MEDEF International Perancis menawarkan solar project kepada pihak Indonesia melalui Program Corporate social responsibility (CSR), sebagai Kementerian terkait dengan pengadaan kebutuhan energi nasional, KESDM menanggapi  tawaran tersebut dengan baik karena proyek tersebut dapat membantu meningkatkan rasio elektrifikasi.

“Perusahaan minyak asal Perancis akan memberikan CSR berupa Solar Project kepada masyarakat yang membutuhkan listrik dan kita sangat welcome, proyek tersebut terutama  diperuntukkan bagi masyarakat-masyarakat yang membutuhkan listrik”, ujar Dirjen LPE, Rabu (7/4).

Jumlah rumah tangga yang terlistriki atau rasio elektrifikasi nasional saat ini baru mencapai 66%, dengan peran serta perusahaan–perusahaan besar yang yang mengalokasikan CSR untuk pengadaan energi listrik tentunya akan sangat membantu pemerintah  dalam rangka memenuhi target rasio elektrifikasi sebesar 80% pada akhir tahun 2014, lanjut J. Purwono.

Kementerian ESDM akan mendata lokasi-lokasi yang membutuhkan listrik berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat dan akan difokuskan bagi daerah-daerah yang rasio elektrifikasinya rendah seperti, Papua, Maluku, maluku Utara, NTT, NTB dan Sulawesi Barat.

Penawaran CSR berbentuk solar project oleh perusahaan minyak Perancis ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap masyarakat terkait pemenuhan kebutuhan energi listrik yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan potensi sumber energi setempat.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.