Saturday, October 21, 2017

Penyebab Terganggunya Produksi Migas Indonesia

March 31, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Menteri ESDM di Jakarta beberapa waktu lalu mengungkapkan terganggunya produksi migas diakibatkan dua aspek sehingga perlu pembenahan. Aspek pertama adalah aspek yang dapat dikendalikan dan kedua aspek diluar kendali. Untuk aspek yang diluar kendali bukan sepenuhnya tanggung jawab BP Migas namun merupakan hasil kerja bersama antar institusi.

Lebih lanjut Menteri ESDM menjelaskan, aspek yang diluar kendali menurut Menteri ESDM antara lain, usia sumur yang sudah tua dengan rata-rata natural decline 12% sehingga untuk bisa bertahan diperlukan secepatnya temuan lapangan-lapangan baru, untuk itu diperlukan kualitas data yang baik dan iklim bisnis yang kondusif sehingga kalangan investor lebih termotivasi untuk menanamkan investasinya.

Sedang faktor yang masih didalam kendali misalnya, bisanya dalam suatu entitas seperti BP Migas memiliki target-target dan sekiranya target-target tersebut tidak tercapai seperti yang diharapakan maka diperlukan re-organisasi dan BP Migas untuk itu BP Migas telah melakukannya dan saat ini sedang dilakukan re-organisasi  pada lapisan dibawah deputi, ujar Menteri.

Kementerian ESDM bersama BP Migas juga telah melakukan re-organisasi pada Tim Pengawasan Percepatan Produksi Migas (P3M) yang merupakan penghubung antara Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) dengan Pemerintah untuk mengatasi berbagai kendala dan tantangan dalam produksi migas nasional.

Dalam meningkatkan produksi migas nasional juga diperlukan sinergi Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Kementerian ESDM akan terus melakukan pemantauan secara periodik terkait capaian produksi migas, tutur Menteri.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.