Thursday, March 30, 2017

Penjatahan Listrik Di Negara Kaya Minyak, Venezuela

January 3, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Negara kaya minyak Venezuela membuka lembaran tahun 2010 dengan langkah-langkah baru penjatahan pemakaian listrik di pusat perbelanjaan, bisnis dan papan reklame. Pemerintahan Hugo Chavez bermaksud melakukan penghematan listrik Venezuela di tengah kemarau panjang yang melumpuhkan Negara itu.

Peraturan yang mulai berlaku 1 Januari lalu dengan kalangan bisnis harus mematuhi batas-batas pengurangan konsumsi dan peringatan otoritas memadamkan listrik dan menaikkan rekening listrik jika langkah-langkah tidak dipatuhi. Sebuah dekrit dipublikasikan pada Malam Natal menyatakan bahwa pusat-pusat komersial dapat mengoperasikan jaringan listrik mulai dari jam 11:00 pagi hingga 9:00 malam, tetapi di luar waktu itu harus menggunakan generator mereka sendiri.

Venezuela adalah negara kaya minyak dan gas alam sebagai ekspor utamanya tetapi sebagian besar bergantung pada pembangkit tenaga listrik air untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.Akibat  musim kemarau yang meluas, akhir tahun 2009 lalu Preisden Venezuela, HugoChavez mengumumkan kampanye mengurangi “pemborosan” energi listrik secara luas seraya menekankan bahwa penjatahan diperlukan untuk menghindari ‘ambruknya’ sistem.

Pusat-pusat perbelanjaan di Caracas Sabtu dibuka pada jam baru yang ditentukan, meski disebutkan perwakilan industri menghimbau agar memperpanjang jangka waktu, dengan alasan pada waktu malam konsumsi energi kurang dari 10 persen dari secara keseluruhan.

Kegentingan listrik memiliki dampak luas pada berbagai dunia usaha dan industri, termasuk bioskop, kasino dan aula permainan bingo.Peraturan itu juga memerintahkan lembaga bisnis untuk rencana penghematan sekurang-kurangnya 20 persen, ukuran yang akan dievaluasi setiap bulan oleh kementerian listrik.Tarif biaya tambahan dapat dikenakan naik hingga 20 persen terhadap para pelanggar.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.