Wednesday, July 26, 2017

Pengusaha Nyatakan Akan Adukan PGN Ke KPPU

March 20, 2010 by  
Filed under BBG

Apabila pasokan gas ke sektor industri dipangkas 20% oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk pada 1 April, pengusaha mengultimatum akan mengadukan BUMN distributor gas tersebut ke KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha).

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat Usman mengatakan rencana pemangkasan gas tersebut sangat bertentangan dengan persaingan usaha yang sehat. Selaku penanggung jawab kebutuhan gas ke sektor industri, PGN seharusnya lebih mendahulukan kepentingan industri nasional.

Apalagi, saat ini ada desakan kuat dari pemerintah agar PGN tetap berkomitmen memasok gas bagi industri. “Jika gas industri tetap dipangkas dan tetap mengenakan surcharge [biaya kelebihan pemakaian gas], industri pengguna gas akan bersatu untuk mengadukannya ke KPPU. PGN sebagai satu-satunya sumber gas bagi industri bisa dituduh melakukan monopoli dan sewenang-wenang,” jelasnya.

Meski demikian, lanjut Ade, pengusaha masih berharap PGN tetap setia pada komitmen awal untuk menjaga pasokan gas yang memadai bagi industri. Defisit pasokan gas justru akan berdampak pada ketidakpastian iklim berusahadi Indonesia dan menjadi kontraproduktif terhadap program promosi investasi pemerintah.

“Kalau pemangkasan gas tetap dilakukan, kondisi ini sama saja menyuruh industri jangan berproduksi dan mengatakan kepada investor asing agar jangan masuk ke Indonesia. Buat apa susah-susah promosi ke luar negeri hanya untuk menghabiskan dana APBN kalau tidak ada kepastian,”ujar Ade.

Direktur Industri Kimia Hilir Ditjen Industri Agro dan Kimia Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Tony Tanduk menambahkan kebutuhan gas bagi industri mencapai 370 MMscfd (million metric standard cubic feet per day/juta standar kaki kubik per hari).

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi Siswaja Lukman mengimbau agar PGN tak membuat kontrak baru dengan industri hingga Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengumumkan kebijakan resmi pasokan gas industri. Menurut dia, pemangkasan gas bagi industri hanya akan membawa dampak berkelanjutan (multiplier effect) yang besar seperti PHK hingga kenaikan harga produk. “Kalkulasi industri kalau gas dipangkas maka biaya gas bisa naik dua kali lipat dari harga normal, jelasnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.