Saturday, March 25, 2017

Penggunaan Gas Alam Sebagai Energi Alternatif

December 28, 2009 by  
Filed under BBG, Featured

Perkembangan penggunaan gas alam selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Salah satu keuntungan dari penggunaan gas alam dibanding dengan sumber energi lain adalah  energi yang dihasilkan gas alam lebih efisien, jauh lebih bersih dan sangat ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan polusi terhadap lingkungan. Disamping itu, gas alam juga mempunyai beberapa keunggulan lain, seperti tidak berwarna, tidak berbau, tidak beracun dan tidak korosif.
Berdasarkan data dan proyeksi dari Energy Information Administration (USA) dalam International Energy Outlook tahun 2002, pada tahun 2020 diproyeksikan pangsa pasar gas alam dibandingkan sumber energi lain akan naik menjadi 28%, dari 23% pada tahun 1999.

Berdasarkan data dari sumber yang sama pula sisebutkan bahwa jumlah cadangan gas alam jika dengan tingkat konsumsi sekarang ini, akan dapat bertahan sampai lebih dari 60 tahun. Sementara itu cadangan minyak dunia dengan  tingkat pemakaian yang sama seperti saat ini, diperkirakan hanya akan bisa bertahan sampai 40 tahun ke depan saja.  Sampai saat ini Cadangan gas alam terbesar  di dunia berada pada negara-negara pecahan Uni Soviet dan Timur Tengah. Sementara itu cadangan gas alam Indonesia nomor delapan terbesar dunia dibawah Rusia, AS, Timur Tengah, dan  Venezuela.

Berikut adalah data yang didapat dari  Wikipedia, Indonesia adalah salah satu negeri terkemuka dalam hal kepemilikan cadangan gas alam setelah Rusia, dengan cadangan gas sebesar 1,680 satuan triliun kaki persegi (trillion cu ft disusul berturut-turut Iran (971), Qatar (911), Arab Saudi (241), Uni Emirat Arab (214), Amerika Serikat (193), Nigeria (185), Aljazair (161), Venezuela (151), Irak (112), Indonesia (98), Norwegia (84), Malaysia (75), Turkmenistan (71), Uzbekistan (66), Kazakhtan (65), Belanda (62), Mesir (59), Kanada (57), Kuwait (56).

Tahun 2003 yang lalu Pemerintah Indonesia mengeluarkan Kebijakan Energi Nasional (KEN), yang isinya menghapus ketergantungan konsumsi energi bangsa kita dari minyak bumi ke energi alternatif. Minyak bumi diusahakan akan  digantikan secara perlahan hingga tahun 2025. Konsumsi minyak bumi diupayakan  pada tahun itu hanya cukup berperan sebesar 20 persen saja dimana sekarang minyak bumi sangat dominan.
Gas Alam  Sebagai Energi Alternatif

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.