Thursday, July 27, 2017

Pengguna Elpiji 12 Kg Mulai Migrasi ke 3 Kg

May 18, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Berdasarkan data yang masuk kepada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), sejak kenaikan harga elpiji kemasan 12 kg dan 50 kg beberapa waktu lalu, YLKI mencatat ada migrasi pengguna elpiji.

Anggota YLKI Tulus Abadi menyatakan, sekitar 5 persen hingga 10 persen pengguna elpiji kemasan 12 kg mulai berpindah ke elpiji kemasan 3 kg.

“Untuk pengguna kemasan 50 kg juga banyak yang berpindah kepada 12 kg walaupun datanya tidak banyak seperti 12 kg. Kebanyakan yang berpindah adalah pengguna rumah tangga,” kata Tulus.

Menurut Tulus, meski kewenangan untuk menaikkan harga elpiji non subsidi milik Pertamina, namun peningkatan harga tersebut hendaknya dilakukan dengan cermat. Pasalnya, selain elpiji, sejumlah tarif lain akan naik, yaitu Tarif Dasar Listrik (TDL), jalan tol dan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Terang saja, empat tarif tersebut akan berdampak kepada daya beli masyarakat.

“Tentunya daya beli masyarakat akan semakin rendah karena respon masyarakat terhadap kenaikan itu cukup besar. Selain itu juga kepada inflansi, makanya pemerintah harus dengan benar-benar memperhatikan ini,” kata Tulus.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.