Thursday, January 19, 2017

Kementrian ESDM Dorong PLN Beli Listrik Dari Pengembang PLTP

October 23, 2010 by  
Filed under Geothermal

energiterbarukan.net- Pemerintah berjanji akan mendorong PT Perusahaan Listrik Negara (PLN persero) agar bersedia membeli listrik yang dihasilkan oleh pengembang listrik tenaga panas bumi.

Hal itu dikemukan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) Darwin Zahedy Saleh dalam acara Apa Kabar Indonesia (AKI) pagi, Rabu 13 Oktober 2010. “Selama ini pengusaha geothermal  menunggu kepastian dan ketegasan PLN membeli listrik yang dihasilkan oleh mereka, ini yang  kita kawal sehingga tidak ada keraguan dari pada pengusaha kepada PLN,”ujar dia.

Darwin juga menjelaskan, pihaknya akan melalukan monitor dan evaluasi dalam mendorong pengembangan energi baru terbarukan (EBT) per kuartal guna mencapai target yang ditentukan dalam lima tahun kedepan. “Kita akan monitor, evaluasi perkuartalan sehingga dalam lima tahunan bisa tercapai,”kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Masyarakat Energi Terbarukan (METI) Hilmi Panigoro menuturkan jika pemerintah ingin masyarakat lebih mengenal dan memilih menggunakan EBT maka sosialisasi harus gencar dilakukan. Sedangkan untuk pengembang agar lebih giat mengembangkan EBT, tutur Hilmi, tidak ada pilihan lain bagi pemerintah selain memberikan insentif dan tax keekonomian pasalnya investasi di sektor EBT akan lebih banyak oleh swasta.

“Pengembang diberi Insentif, tax keekonomian, karena pada akhirnya investasi besar-besaran untuk EBT akan datang dari swasta,”tandas dia. Dia juga mengimbau kepada pemerintah agar tiap tahun melakukan monitor terhadap pengembangan EBT antara target dan realisasi.

ditulis oleh Ferial

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.