Friday, March 24, 2017

Pengadaan Material LPG 3 kg Penuhi Persyaratan SNI

May 2, 2010 by  
Filed under BBG

Pada setiap pengadaan material LPG 3 Kg yang dilakukan Pertamina melalui pabrikan yang direkomendasikan oleh Deperindag serta yang memenuhi persyaratan SNI (Standar Nasional Indonesia), sehingga diyakini material tersebut sudah memenuhi standar safety.

Ketika material tersebut tiba di lokasi penerimaan (sebelum didistribusikan oleh konsultan pendistribusi ke masyarakat pengguna), petugas Pertamina akan melakukan pemeriksaan Quality Control sesuai dengan syarat SNI.

Dari hasil penggalian informasi dan peninjauan lapangan petugas Pertamina, serta juga penyelidikan pihak Polri diperoleh fakta bahwa hampir diseluruh kejadian kebakaran disebabkan adanya kelalaian atau ketidaktahuan penggunaan material LPG 3 Kg dimana telah terjadi akumulasi LPG didalam ruangan tertutup akibat adanya kebocoran yang tidak disadari oleh pengguna ditambah dengan adanya sumber panas (api) sehingga menyebabkan terjadinya ledakan dan kebakaran. Dalam hal ini hampir diseluruh kejadian tidak ditemukan adanya tabung yang meledak (pecah).

Sejak dimulainya konversi sampai dengan saat ini Pertamina telah secara rutin melakukan kegiatan sosialisasi yang meliputi aspek pengenalan material konversi, tata cara penggunaannya, termasuk peningkatan awareness akan aspek safety dalam penggunaan LPG. Proses sosialisasi ini telah dilakukan secara paralel juga oleh konsultan distribusi pada saat penerimaan paket perdana serta juga Pemerintah (dalam hal ini Dirjen Migas).

Untuk mencegah terjadinya lagi kecelakaan yang berhubungan dengan penggunaan LPG, Pertamina berkomitmen untuk lebih meningkatkan sosialisai cara penggunaan LPG yang benar, disamping juga tetap memperhatikan aspek-aspek HSE (Healthy and Safety Environment) serta quality control.

Pertamina juga meminta kepada media agar tidak memberitakan penyebab yang belum akurat dalam memberitakan kejadian kecelakaan penggunaan LPG. Di samping itu, Pertamina berharap agar media tidak hanya cukup dengan memberitakan kejadian kecelakaan, namun lebih jauh dari itu, Pertamina meminta media agar juga membantu edukasi kepada pengguna elpiji, sesuai dengan salah satu fungsi media yaitu sebagai sarana edukasi bagi masyarakat.

Written by Divisi Komunikasi Pertamina

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.