Monday, May 22, 2017

Penerimaaan Negara Sektor Pertambangan APBN-P 2010 Meningkat Menjadi Rp 15,2 T

April 30, 2010 by  
Filed under BBM

JAKARTA. Rapat Kerja DPR Komisi VII dengan Menteri ESDM dan jajarannya, serta Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan memutuskan besaran Penerimaan Negara sektor Pertambangan Umum dalam APBN 2010 sekitar Rp 14, 9 triliun menjadi Rp15,2 triliun.

“Dalam APBN 2010 dengan menggunakan kurs Rp 10.000 maka penerimaan negara dari pertambangan umum sekitar Rp 15 triliun sedangkan jika menggunakan kurs Rp 9.200 turun menjadi Rp 14,8 triliun”, ujar Dirjen Minerba Bambang Setiawan.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Waryono Karno mengatakan bahwa kenaikan penerimaan sektor pertambangan tersebut menurut masih realistis. “Angka tersebut realistis”, ujar Beliau.

”Kalau hanya nambah sebesar Rp 400 miliar, kami sangat yakin bisa tercapai. Ada dua faktor penentu besaran PNBP antara lain pertama faktor kenaikkan produksi dan kedua faktor kenaikan harga. Dan kami sudah menetapkan faktor kenaikan produksi pemerintah sudah ditetapkan, jadi lanjut Bambang pemerintah

Menurut Bambang, target Rp15,2 triliun ini merupakan target yang paling moderat diharapkan dengan tren kenaikkan harga komoditas dunia, serta tren peningkatan produksi diharapkan target ini tercapai.

Penambahan penerimaan sebesar Rp 400 miliar yakin dapat dicapai oleh pemerintah. Besaran penerimaan pertambangan umum subsektor batubara terkait dua faktor penentu pertama faktor kenaikkan produksi dan kedua faktor kenaikan harga. Menurut Zdirjen Minerba faktor kenaikan produksi sudah ditetapkan sehingga faktor yang berpengaruh adalah perkembangan harga yang fluktiatif di pasar internasional, lanjut Bambang pemerintah

Terkait dengan pertambangan, Komisi VII telah membentuk Panja untuk menertibkan PKP2B maupun KP-KP yang ”tidur nyenyak” dan selanjutnya memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk ditindak lanjuti. (SF)

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.