Thursday, July 27, 2017

Penerapan Teknologi Industri Migas Me-recover 65%-80% Cadangan

April 8, 2010 by  
Filed under BBM

Pertumbuhan permintaan kebutuhan energi dunia terus mengalami peningkatan. Beberapa negara sedang mengalami booming pertumbuhan ekonomi mengkonsumsi energi sangat besar sehingga pengadaan sumber-sumber energi menjadi suatu keharusan.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan menuntut pasokan energi energi yang besar sehingga diperlukan langkah-langkah yang tepat serta penerapan teknologi agar peningkatan produksi pada sumur existing dapat dioptimalkan. Minyak bumi diperkirakan masih mendominasi sebagai sumber energi disusul kemudian dengan gas bumi dan batubara.

China dan India yang saat ini sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat mengkonsumsi energi hingga mencapai 86% permintaan energi dunia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka produksi migas harus ditingkatkan agar kestabilan pasokan dapat terjaga dengan menerapkan teknologi tepat guna dan mencari cadangan-cadangan baru.

Menurut Kepala BP Migas, R. Priyono produksi migas baru me-recover rata-rata 30% dari cadangan, dengan penerapan teknologi tepat guna industri migas mampu me-recover 60-80% cadangan.

Penerapan teknologi tepat guna untuk mengoptimalkan produksi migas misalnya Enhanced Oil Recovery (EOR) terbesar di dunia yang telah diterapkan di Lapangan North Duri Area 12 yang merupakan pengembangan terbaru sisi utara Lapangan Duri yang ditemukan pada tahun 1941 di Riau, Sumatra. Penerapkan teknologi EOR ini terbukti mampu memperpanjang usia produksi lapangan dan meningkatkan angka recovery minyak yang dapat terangkat hingga mencapai hingga lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan hanya primary recovery.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.