Monday, January 23, 2017

Pemprov DKI tingkatkan jumlah SPBG untuk tekan polusi

April 22, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Pemprov DKI akan terus mendorong pertumbuhan jumlah stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) untuk menyukseskan program langit biru guna menekan tingkat polusi udara di Jakarta.

Kepala Biro Administrasi Sarana Prasaran Pemprov DKI Udar Pristono mengatakan pertumbuhan jumlah SPBG sangat penting untuk mendukung penggunaan bahan bakar gas bagi kendaraan pribadi dan angkutan umum di Ibu Kota.

“Program langit biru dengan bertambahnya SPBG akan lebih cepat terwujud, disamping dapat mengurangi kekurangan pasokan gas khusus untuk angkutan umum,” katanya di Jakarta hari ini.

Dia mengatakan Pemprov DKI akan berupaya untuk mempertahankan armada bus Tranjakarta yang sudah beroperasi dengan bahan bakar gas tidak akan kembali menggunakan bahan bakar minyak solar.

Sebab, lanjutnya, pengoperasian armada bus Transjakarta sudah diprogramkan seluruhnya harus menggunakan bahan bakar gas, sehingga merupakan langkah mundur jika armada yang sudah ada kembali memakai solar.

Udar mengatakan penambahan jumlah SPBG akan terus diusahakan melalui kerja sama dengan pihak swasta, seperti dengan PT Aksra Andalan Prima dan PT T Energi yang didukung posokan gas dari PT Perusahaan Gas Negara.

Lokasi SPBG yang akan dioperasikan dua perusahaan swasta tersebut masing-masing di Pinangranti, Kampung Rambutan dan Hek Kramat Jati Jakarta Timur dan Tanah Merdeka Cilinding Jakarta Utara diharapkan dapat mendukung operasional busway.

Apalagi SPBG berlokasi di dekat pool armada bus Transjakarta sehingga mempercepat pengisian bahan bakar gas dan dapat mengurangi kemacetan jalan disekitarnya, termasuk tidak menghambat pelayanan kepada masyarakat yang sudah antre di halte busway.

Menurut Udar, jumlah SPBG yang semakin banyak di Jakarta dan letaknya strategis tidak jauh dari pool maupun jalur bus Transjakarta itu sangat positif untuk menunjang peningkatan kualitas pelayanan angkutan umum bebas hambatan tersebut.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.