Friday, July 28, 2017

Pemprov DKI & AKLI Kerja Sama Untuk Tata Kelistrikan

March 22, 2010 by  
Filed under BBM

Pemprov DKI akan menggandeng Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) untuk mengawasi dan menata sistem kelistrikan di kawasan Tambora Jakarta Barat.

Kerja sama itu adalah untuk mengurangi kasus kebakaran akibat arus pendek di pemukiman padat itu. Pada pekan lalu saja, sudah terjadi kasus kebakaran besar yang menghanguskan ratusan rumah di daerah itu.

Selain dengan AKLI, DKI juga meminta PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk mengurangi dan membatasi suplai dan penyambungan listrik ke pemukiman padat terutama yang tidak memiliki izin membangun.

Gubernur DKI Fauzi Bowo mengatakan pencegahan kasus kebakaran di Tambora salah satunya yakni adalah penataan sistem listrik selain juga dari penataan kepadatan penduduknya.

“Kami juga meminta bantuan dari industri, tapi semua ini ada tahapnya dan tidak bisa dilaksakanakan dalam waktu singkat, apalagi kondisi ini sudah berlangsung lama jadi perlu memberikan pemahaman yang kuat pada warga agar mereka tahu bahayanya masalah listrik ini,” ujar Fauzi.

Dia mengatakan sejak lama kawasan itu memang rawan kebakaran karena kurang disiplinnya warga dalam menggunakan daya listrik. Misalnya saja, adanya penyambungan listrik berlebih sehingga beban listrik berlebih dan rawan korsleting.

Bahkan, katanya, upaya razia yang sering dilakukan Pemprov DKI pun tidak dapat menghindari kondisi itu. karenanya, yang diperlukan adalah substitusi yang bisa diberikan untuk mengganti kapasitas yang sudah ada, dan memberikan pemahaman dalam penggunaan listrik yang bertanggung jawab dan aman.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.