Friday, July 28, 2017

Pemerintah tak tunduk pada tekanan bisnis & politik

May 4, 2010 by  
Filed under BBG

Pemerintah tidak akan tunduk pada tekanan bisnis maupun politik serta mempertimbangkan secara matang sebelum memutuskan pengoperasian proyek gas Donggi-Senoro.

Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat mengatakan pengoperasian proyek gas Donggi-Senoro merupakan keputusan yang penting, sehingga Wakil Presiden harus melakukan pertimbangan yang matang untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk negara dan kepentingan bangsa.

Wapres, lanjutnya, tidak akan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan meskipun ada ancaman mundur dari calon pembeli gas karena proyek senilai US$3,7 miliar itu belum jelas.

“Masalah ancaman mundur ini sudah berulang kali kami dengar. Namun untuk membuat keputusan sepenting ini, Bapak Wakil Presiden tidak boleh semata-mata tunduk pada tekanan bisnis maupun tekanan politik,” kata Yopie melalui pesan singkatnya lewat telepon genggam, hari ini.

Dalam memutuskan Donggi-Senoro, ujarnya, Wapres Boediono berdasarkan pertimbangan harus semata-mata brdasarkan apa yang terbaik bagi negara serta kepentingan seluruh bangsa.

Sebelumnya, Yopie mengatakan Wapres baru akan membahas pengkajian gas yang dibuat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Menko Perekonomian setelah melakukan kunjungan kerja ke Blitar sampai 4 Mei besok untuk membuat keputusan soal pengoperasian Donggi-Senoro.

Namun, ketika ditanyakan apakah blue print tentang gas nasional yang disusun oleh Menteri ESDM dengan Menko Perekonomian telah diterima Wapres, Yopie belum bisa memastikannya (Bisnis, 30 April 2010).

Seperti diketahui, Wapres telah melayangkan surat kepada Menteri ESDM dan Menko Perekonomian agar keduanya menyelesaikan blue print gas nasional akhir April 2010. Blue print gas nasional itu, kata dia, akan dijadikan bahan perundingan untuk membuat keputusan soal pengoperasian Donggi Senoro.

Wapres menginginkan adanya pengkajian secara mendalam sehingga menghasilkan keputusan yang optimal. Bukan sebaliknya, memberikan keputusan yang terburu-buru namun bisa merugikan kepentingan nasional nantinya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.