Sunday, October 22, 2017

Pemerintah minimalisasi disparitas harga elpiji

August 5, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Pemerintah mengkaji kemungkinan menyesuaikan harga elpiji 3 kg dengan elpiji 12 kg untuk mengurangi disparitas harga yang disinyalir sebagai salah satu akar masalah ledakan gas elpiji yang marak belakangan ini.

Kendati harga elpiji 3kg di pasaran akan sama dengan elpiji 12 kg, konsumen dibekali dengan kupon untuk tetap bisa menikmati harga subsidi. Konsep itu menyerupai program beras untuk rakyat miskin yang sudah berjalan secara positif.

Dirjen Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka Kementerian Perindustrian Anshari Bukhari mengatakan pemerintah sedang menyiapkan konsep untuk mengurangi disparitas harga antara tabung 3 kg dan tabung 12 kg.

Menurut dia, konsep-konsep itu masih terus akan dibahas dan diharapkan disepakati melalui rapat koordinasi tingkat menteri yang dipimpin oleh Menko Kesra pada 9 Agustus.

“Ini penting karena akhir-akhir ini makin mengerucut bahwa kecelakaan terjadi karena oplosan dari 3 kg ke 12 kg. ini terjadi karena memang disparitas harga yang cukup signifikan antara 12 kg dan 3 kg. Salah satu opsinya, kelihatannya akan ada semacam kupon kepada mereka [konsumen elpiji 3 kg] sehingga harga di pasar sama,” katanya hari ini.

Dalam rapat koordinasi yang dilakukan pada Senin, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Evita Herawati Legowo telah mengusulkan dua opsi untuk mengatasi disparitas harga kedua jenis elpiji tersebut, yaitu menyesuaikan harga elpiji 3 kg dengan elpiji 12 kg dan menurunkan elpiji 12 kg agar sama dengan elpiji 3 kg. Saat ini, terdapat perbedaan harga sekitar Rp1.600 per kg antara kedua kemasan elpiji tersebut.

Rapat koordinasi yang dihadiri Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Kemenkokesra, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Transmigrasi dan Tenaga Kerja itu mengerucut untuk memilih alternatif untuk menyesuaikan harga elpiji 3 kg dengan elpiji 12 kg.

Ansari mengatakan apabila opsi tersebut dipilih, subsidi elpiji 3 kg ini akan diberikan dalam bentuk kupon. “Dari perhitungan, konsepnya akan disesuaikan mengikuti program raskin yang selama ini berlangsung dan dinilai positif. Rapat sudah menugaskan Kementerian ESDM dan Pertamina untuk mematangkan konsep tersebut untuk dibahas dalam pertemuan 9 Agustus nanti,” katanya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.