Tuesday, October 24, 2017

Pemerintah lobi Iran untuk bangun kilang Cilegon

April 3, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Pemerintah akan melobi Iran untuk merealisasikan kerja sama pembangunan pabrik refinery (kilang minyak mentah) baru tahap I senilai US$5 miliar di Cilegon, Banten.

Direktur Industri Hulu Ditjen Industri Agro dan Kimia Kemenperin Alexander Barus menjelaskan selain Iran, kerja sama tersebut terbuka bagi setiap eksportir/produsen minyak mentah dunia agar proyek kilang baru yang digagas pemerintah bisa terlaksana sesuai dengan target.

Menurut dia, pabrik kilang baru membutuhkan kepastian pasokan minyak mentah sebesar 300.000 barel per hari (bph). Apabila tambahan minyak mentah sebesar itu tak bisa dipenuhi, rencana pembangunan kilang di Cilegon tersebut berpotensi sulit dilaksanakan.

Akibatnya, rencana penambahan pasokan nafta bagi sektor hulu petrokimia, yang diolah dari kilang baru tersebut, terancam tak terealisasi. Dengan demikian, proyek penambahan kapasitas produksi propilena dan etilena sebesar 600.000 ton bisa terbengkalai.

“Saat ini, kita tak bisa lagi mengandalkan pasokan minyak mentah dari dalam negeri mengingat produksi lifting-nya hanya sekitar 950.000 bph dan ini habis digunakan untuk konsumsi. Mau tak mau kita harus melirik impor khusus untuk kebutuhan kilang baru tersebut,” katanya, hari ini.(msb)

Pemerintah, ujarnya, akan mencari para pemasok minyak mentah dari negara lain agar proyek investasi di industri hulu petrokimia bisa berjalan sesuai target. “Kilang baru butuh pasokan minyak mentah agar produksi nafta bagi ekspansi petrokimia bisa berjalan,” terangnya.

Untuk mencari sumber minyak mentah, terangnya, Kemenperin, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan instansi terkait akan melobi sejumlah produsen minyak asal Iran, Nigeria, Kuwait, Qatar, Mesir, dan Arab Saudi.

“Minggu sore [4 April] saya ke Mesir untuk pertemuan G-8. Di dalam forum itu, pemerintah akan melobi para pemasok crude oil untuk kebutuhan kilang baru yang akan dibangun di Cilegon,” paparnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.