Thursday, March 30, 2017

Pemerintah kaji beri BLT bagi pelanggan listrik

March 12, 2010 by  
Filed under BBM

Pemerintah akan memberikan kompensasi kepada masyarakat kelompok pelanggan listrik berdaya beli terbatas, seiring dengan rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL) pada Juli 2010.

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh, pada dasarnya rencana kenaikan TDL itu akan ditetapkan secara proporsional dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat sehingga tidak menjadi beban bagi kelompok yang kurang mampu.

“Kalaupun nantinya TDL itu jadi dinaikkan, mereka [masyarakat yang terbatas daya belinya] akan mendapatkan kompensasi. Kita akan menuju ke sana,” tuturnya, hari ini.

Hanya saja, lanjut Darwin, pemerintah masih mengkaji bentuk kompensasi kepada masyarakat yang memiliki kemampuan daya beli terbatas. Bentuk itu semacam bantuan tunai langsung yang dikompensasikan  di  ttagihan pelanggan selain tentunya berpatokan pada prinsip keekonomian untuk menyehatkan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

“Pada waktu yang pas nanti, TDL itu perlu naik supaya makin lama harga jual listrik bagi kalangan tertentu sesuai dengan harga keekonomian,” ujarnya.

Dengan konsep begitu, tambah Darwin, konsumen akan lebih konservatif dan jor-joran mengkonsumsi listrik. Sebaliknya, investor akan tertarik berinvestasi karena dia berpikir bisa kembali investasinya.

Dirjen Listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian ESDMM Jacobus Purwono mengungkapkan pihaknya masih melakukan kajian dan kalkulasi pelanggan per golongan sebelum diajukan ke DPR pada April mendatang.

“Jadi angka kenaikan TDL ini akan berbeda antara pelanggan satu dengan lainnya,” tuturnya.

Contohknya golongan pelanggan kecil bisa saja kenaikan TDL kurang dari 15%. Namun, kenaikan TDL untuk kelompok pelanggan industri juga dimungkinkan mencapai 17%.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.