Saturday, March 25, 2017

Pemerintah Evaluasi Kontraktor Migas yang Tak Lakukan Aktifitas

April 24, 2010 by  
Filed under BBM

Jakarta – Pemerintah tengah mengevaluasi kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang telah menandatangani kontrak, namun sama sekali tidak melakukan kegiatan migas di wilayah kerjanya.

“Memang ada yang tanda tangan (kontrak) tapi tidak dikerjakan. Jumlahnya sekitar 10%. Hal ini (sedang) dalam pembicaraan,” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo dalam situs Ditjen Migas yang dikutip, Jumat (23/4/2010).

Menurut Evita, evaluasi terhadap KKKS tersebut dilakukan kasus per kasus. Ada KKKS yang tidak melakukan kegiatan karena terhambat masalah kehutanan atau terganjal aturan lainnya. Namun ada juga KKKS yang tidak melakukan aktivitas apapun.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan, maka Pemerintah bisa memberikan sanksi berupa pemotongan luas wilayah kerjanya atau bahkan dilepaskan sama sekali.

“KKKS itu biasanya kita panggil, (ditanya) permasalahannya. Kita cek satu per satu,” ujar Evita.

Seperti diketahui, dalam Peraturan Menteri ESDM No.06 Tahun 2010 dinyatakan setiap KKKS diharuskan memulai kegiatan pengembangan lapangan dalam jangka waktu paling lambat 180 hari kalender setelah mendapatkan persetujuan rencana pengembangan lapangan serta memulai produksi minyak dan/atau gas bumi dalam jangka waktu paling lambat 2 tahun setelah mendapatkan persetujuan pengembangan lapangan.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.