Sunday, September 24, 2017

Pemerintah dorong Independent Power Producer bidang kelistrikan

April 14, 2010 by  
Filed under BBM

Pemerintah mendorong Independent Power Producer (IPP) di bidang kelistrikan guna mencapai target elektrifikasi penuh atau ketersambungan listrik 100% di seluruh Tanah Air pada 2011.

Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Perekonomian, menuturkan untuk menumbuhkan ekonomi sebesar 7% pada 2014 dibutuhkan ketersambungan listrik yang memadai guna mendukung kegiatan ekonomi. Bila saat ini elektrifikasi baru sekitar 65%, kata dia, maka untuk mencapai itu tingkat elektrifikasinya harus dimaksimalkan hingga 100% dengan mendorong IPP (Independent Power Producer).

“Pada 2011, elektrifikasi [ditargetkan] 100%. Mungkin memang sulit. Dengan pertumbuhan ekonomi 7%, maka energi listrik harus tumbuh 10% sampai 12%,” ujarnya dalam acara Maluku-Maluku Utara Investment Day, hari ini.

Untuk itu, lanjut dia, basis produksi listrik harus ditingkatkan dengan membangun pembangkit berkapasitas 3000 MW setiap tahunnya.

Hatta menambahkan kemandirian energi bukan lagi sebagai opsi, tetapi sudah menjadi kewajiban bagi Indonesia. Ketersediaan energi primer harus disediakan oleh pemerintah dengan melibatkan investasi swasta guna mendukungnya.

Dengan semua komitmen tersebut, Hatta menilai sudah saatnya merangsang investasi masuk ke Tanan Air dengan menawarkan beragam insentif.

“Mungkin memang ada risiko. Tetapi hanya orang yang beranilah yang berani mengambil risiko,” tuturnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.