Monday, July 24, 2017

Pemerintah diminta tetap realisasikan kenaikan TDL

March 26, 2010 by  
Filed under BBG

Pemerintah diharapkan tetap berkomitmen realisasi rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL) pada Juli 2010 untuk menekan pembengkakan anggaran subsidi listrik di APBN-P tahun ini.

Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Dahlan Iskan mengungkapkan perseroan itu telah mengusulkan besaran kenaikan subsidi listrik tahun ini menjadi Rp55 triliun, dengan catatan adanya kenaikan TDL pada Juli tahun ini.

Selain itu, usulan kenaikan subsidi listrik menjadi Rp55 triliun tersebut, belum memperhitungkan pembengkakan biaya akibat defisit gas pembangkit PLN.

“Kalau dalam lingkungan perseroan, Direksi PLN telah menyepakati kenaikan subsidi listrik tahun ini. Direktur Keuangan [Setia Anggoro Dewo] yang akan menyampaikan usulan itu kepada pemerintah hari ini. Yang jelas, kebutuhan subsidi sebesar Rp55 triliun itu dengan catatan TDL naik Juli dan itu juga di luar defisit gas,” ujarnya hari ini.

Di sisi lain, dia menegaskan, bila kenaikan TDL ditunda dan pembengkakan biaya dimasukkan tentunya melebihi angka Rp60 triliun.

Menurut dia, kebutuhan subsidi listrik dihitung berdasarkan asumsi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) saat ini yang mempengaruhi biaya pokok produksi listrik perseroan.

Sebelumnya, Dirjen Listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian ESDM Jacobus Purwono mengungkapkan pihaknya memang belum menghitung tambahan subsidi listrik akibat pembengkakan biaya Rp2,4 triliun dari defisit pasokan gas PLTGU Muara Tawar milik PLN.

“Kebutuhan subsidi listrik itu besar sekali, yakni di atas Rp60 triliun. Kalau pembengkakan biaya sebesar Rp2,4 triliun itu masuk, tentunya subsidi listrik seharusnya lebih dari Rp60 triliun. Yang jelas, nantinya akan dibahas dalam Badan Anggaran DPR,” tuturnya.

Menurut Purwono, tambahan alokasi subsidi listrik yang disetujui pemerintah sebelumnya dengan memperhitungkan kompensasi melalui kenaikan TDL sebesar 15% pada Juli mendatang.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.