Sunday, October 22, 2017

Pemerintah berkomitmen kembangkan panas bumi

March 12, 2010 by  
Filed under Geothermal

Pemerintah berkomitmen meningkatkan pengembangan panas bumi sebagai sumber energi nasional, seiring dengan semakin bertambahnya potensi energi ramah lingkungan tersebut dari sekitar 27.000 MW menjadi 28.170 MW yang tersebar di 265 lokasi.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sukhyar mengungkapkan potensi panas bumi Indonesia yang cukup besar tersebut bisa menghemat pemakaian minyak bumi sebesar 12 miliar barel untuk masa operasi selama 30 tahun.

“Potensi geothermal Indonesia sebesar 28.170 MW itu ditemukan base on konvensional technology. Kalau menggunakan teknologi yang lebih canggih, tentunya akan lebih besar lagi. Pemerintah sudah bertekad memanfaatkan potensi panas bumi yang cukup besar itu,” ujarnya dalam jumpa pers World Geothermal 2010, hari ini.

Menurut dia, potensi panas bumi nasional yang terdata pada sepuluh tahun lalu hanya sekitar 27.000 MW. Dari potensi panas bumi yang ada itu, lanjut dia, baru 4% atau sekitar 1.198 MW yang sudah termanfaatkan.

Sukhyar menjelaskan bila pemanfaatan panas bumi untuk pembangkit listrik dalam megaproyek 10.000 MW tahap II sebesar 3.977 MW tercapai, maka penghematan minyak bumi bisa mencapai 2,4 miliar barel.

“Bandingkan dengan cadangan minyak bumi yang sekarang hanya 6,4 miliar barel. Pemerintah sendiri telah menganggarkan dana sebesar Rp200 miliar dalam APBNP 2010 untuk kebutuhan survey panas bumi.”

Lebih lanjut, Sukhyar menjelaskan bisnis panas bumi saat ini hanya membutuhkan kepastian, baik dari segi harga listriknya maupun keamanan investasi.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.