Tuesday, January 17, 2017

Pemerintah akan mewajibkan DMO gas

April 14, 2010 by  
Filed under BBG

Seluruh kontrak ekspor gas bumi yang baru, terutama produsen gas yang memiliki cadangan gas bumi cukup besar, akan ditambahkan kewajiban  untuk mengalihkan pasokannya ke domestik apabila terjadi kebutuhan gas bumi yang mendesak di dalam negeri.

Kepala BP Migas R. Priyono mengatakan badan pelaksana telah mengidentifikasi beberapa proyek besar yang akan ada penambahan klausul kewajiban tersebut. Gas Masela, Natuna D Alpha, Tangguh train 3 masuk dalam kategori proyek yang akan dikenakan kewajiban tersebut. “Kalau Mahakam tidak lagi ada klausul baru dalam kontraknya karena mereka sudah memasok untuk domestik,” katanya hari ini.

Priyono mengatakan alokasi gas bumi tersebut akan diambil dari gas yang seharusnya menjadi porsi domestic market obligation (DMO) dan juga bagian pemerintah. Selama ini, katanya, belum ada kebijakan yang mengikat secara tegas produsen gas bumi di Indonesia untuk melakukan pengalihan semacam ini. “Selama ini belum ada. DMO atau entitlement pemerintah bisa langsung diekspor begitu saja,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala BP Migas R. Priyono mengatakan badan pelaksana tengah mengkaji konsep manajemen pasokan gas Indonesia yang diharapkan tidak ada halangan untuk menerapkan DMO pada lapangan-lapangan yang jauh dari pasar domestik, dan keekonomian lapangan marginal bisa diperbaiki dengan adanya ‘alokasi impor’.

Di sisi infrastruktur pengangkutan, tuturnya, upaya pengembangan infrastruktur baru seperti LNG receiving facilities diharapkan bisa dipercepat sehingga LNG dari lapangan-lapangan gas besar dapat digunakan untuk keperluan domestik.

“Selain itu, akses terhadap infrastruktur tersebut juga harus dipermudah dengan cara menerapkan tariff yang wajar, tetapi tetap memberikan keuntungan yang cukup ekonomis bagi investor sehingga dapat mendorong pengembangan investasi selanjutnya,” jelasnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.