Sunday, March 26, 2017

Pembelian Minyak National Oil Company Merupakan Alternatif

March 20, 2010 by  
Filed under BBM

Rencana pembelian minyak mentah dan produk minyak dari trader yang terafiliasi dengan National Oil Company (NOC) atau International Oil Company (IOC) merupakan salah satu alternatif di tengah upaya perusahaan menekan pembelian dari trader-trader lepas.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Toharso mengatakan terdapat beberapa sumber minyak mentah dan produk minyak yang bisa diimpor oleh Pertamina melalui anak perusahaannya di Singapura, Petral. Sumber-sumber tersebut meliputi NOC atau IOC produsen minyak dan produk minyak secara langsung, trader yang dimiliki NOC/IOC, trader lepas, dan dari tempat lelang yang dikelola oleh Platts, yang dimasuki Petral baru-baru ini.

Pertamina, tuturnya, berdasarkan arahan dari Dewan Komisaris Pertamina diminta untuk mengurangi transaksi dengan trader lepas dan langsung melakukan deal bisnis dengan NOC/IOC atau perusahaan trader yang dimilikinya. Harapannya, tuturnya, kerja sama yang akan terjalin tidak sebatas jual beli minyak dalam jangka pendek, yang porsinya kini hanya 30% dan akan terus dikurangi di masa depan.

“Mungkin memang biayanya terkadang lebih mahal, seperti ketika membeli Neil Blend dari Petronas. Itu harganya lebih mahal daripada trader lepas. Tetapi, untuk keamanan pasokan jangka panjang, transaksi dengan IOC/NOC atau tradernya lebih terjamin,” katanya hari ini.

“Pembelian dari trader milik NOC/IOC itu tidak serta-merta juga. Kalau bisa, kami inginnya beli langsung dari NOC/IOC untuk menghilangkan biaya-biaya tambahan. Tetapi, ada aturan-aturan dari NOC/IOC yang tidak bisa sembarangan kita tembus begitu saja. Biasanya mereka mengarahkan kita untuk beli di trading arm mereka,” jelasnya.

Seperti diketahui, dalam lampiran memorandum Dewan Komisaris Pertamina No.072/K/DK/2010 tertanggal 22 Februari 2010 Dewan Komisaris Pertamina membolehkan pembelian minyak mentah secara langsung melalui trader yang ditunjuk perusahaan minyak nasional (National Oil Company/NOC). Selain membeli dari NOC/IOC atau tradernya secara langsung, kata Toharso, Petral juga bisa membeli minyak dari tempat lelang yang dikelola Platts.

Menurut dia, pemesanan melalui tempat lelang tersebut memungkinkan perusahaan mendapatkan harga dan kualitas minyak secara transparan. Terkait dengan pengadaan minyak mentah asal Azarbaijan, yang bernama Azeri, Toharso mengatakan pihaknya sejauh ini belum terikat kerja sama dengan State Oil Company of Azarbaijan Republic (SOCAR), yang dalam hal ini diwakili oleh Socar Trading Ltd. Namun, tuturnya, Pertamina sebenarnya telah menggunakan minyak Azeri sejak 2003 yang dipasok ke kilang Balikpapan dan Cilacap. “Kami belum terikat kerja sama dengan Socar. Tetapi, kami memang sudah menggunakan Azeri ini sejak 2003, yaitu untuk pasokan ke Balikpapan dan Cilacap,” jelasnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.