Thursday, July 27, 2017

Pembatasan konsumsi BBM bersubsidi dibahas

July 12, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh hari ini akan membahas pembatasan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, sekaligus mendengarkan laporan dari Dirjen Minyak dan Gas Bumi Evita Herawati Legowo yang memimpin tim pembuat konsep.

Setelah mendapatkan laporan tersebut, Menteri ESDM akan membicarakan konsep yang dibuat Ditjen Minyak dan Gas Bumi dengan beberapa nara sumber yang mewakili publik, sejumlah pakar, dan wakil rakyat untuk dikaji dan dimatangkan.

“Bu Dirjen [Evita] akan melaporkan dulu pada saya [konsep pembatasan konsumsi BBM bersubsidi]. Nanti kita akan membicarakan dengan beberapa nara sumber mewakili publik untuk terus kita uji, kita matangkan, termasuk dengan beberapa pakar maupun wakil rakyat,” kata Darwin di Istana Presiden, hari ini.

Darwin mengatakan Kementerian ESDM harus bergerak cepat untuk memfinalkan konsep pembatasan konsumsi BBM bersubsidi, agar volume BBM subsidi tidak melebihi jatah yang telah ditetapkan pemerintah.

Ketika ditanyakan konsep konsumsi BBM bersubsidi, Darwin mengatakan belum mendapat gambaran lengkap. Namun, katanya, konsep dasarnya agar masyarakat yang mampu jangan membeli solar dan premium bersubsidi.

“Transportasi umum dan kendaraan roda dua itu berhak. Mobil mewah dengan CC besar, dia mampu beli, harga tak ada masalah.  Kemudian untuk kegiatan konsumsi rumah tangga, tapi buat kepentingan produksi dan dunia usaha itu sudah barang tentu di luar konsep dasar,” kata Darwin.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.