Monday, July 24, 2017

Pembatasan BBM bersubsidi mobil pelat hitam tunggu DPR

December 4, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Energi ;  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengharapkan Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui opsi pelarangan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk semua jenis mobil pribadi berpelat hitam di Jabodetabek mulai Januari 2011.

Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengemukakan pada dasarnya upaya pengendalian penggunaan BBM bersubsidi untuk tahap awal yang akan diberlakukan di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) itu sudah sesuai dengan kondisi dan kesiapan infrastruktur pendukungnya.

“Januari [2011], apabila nanti waktu pembahasan dengan DPR sudah semakin tuntas, Insya Allah itu [pembatasan] akan berjalan dengan baik. Kita harapkan seperti itu karena kita melakukan di tempat yang paling mungkin diterapkan, sesuai dengan dukungan infrastrukturnya,” tutur dia, hari ini.

Menurut dia, pengendalian penyaluran BBM bersubsidi itu memang tidak bisa ditunda lagi pelaksanaannya, sehingga bisa digunakan oleh masyarakat yang berhak menerima subsidi. Namun, lanjut menteri, pemerintah tidak akan langsung sekaligus memberlakukannya di tingkat nasional.

“Kita jangan menunda-nundanya lagi, tetapi di lain pihak juga tidak boleh berlebihan merencanakan sesuatu yang pada dasarnya tidak didukung oleh kesiapan. Kalau banyak mereka yang membeli Pertamax [BBM nonsubsidi], tentu harus ada dukungan dispenser Pertamax,” tutur Darwin.

Senada dengan itu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo mengatakan pelarangan penggunaan BBM bersubsidi untuk semua jenis mobil pribadi berpelat hitam di Jabodetabek merupakan opsi yang paling realistis diberlakukan mulai Januari 2011.

“Kita ingin realistis dan semuanya itu jalan. Kita cek dan yang paling siap itu, Jabodetabek dulu, tetapi akan terus jalan,” tutur dia.

Hanya saja, jelas dia, pihaknya memang belum bisa melakukan sosialisasi pembatasan tersebut karena masih harus menunggu persetujuan DPR.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.