Thursday, March 30, 2017

Pembatasan BBM akan berbasis tahun produksi

July 14, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyiapkan tiga opsi mekanisme pembatasan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, di antaranya pembatasan bagi mobil pribadi sesuai dengan tahun produksi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh mengungkapkan mekanisme pembatasan penggunaan BBM bersubsidi tersebut akan dikoordinasikan dengan kementerian lainnya sebelum disampaikan kepada DPR.

“Itu [mekanisme pembatasan] belum tuntas [merumuskannya] di internal pemerintah. Tentunya Kementerian ESDM akan mengkomunikasi dulu di tingkat Kementerian Perekonomian, kemudian DPR. Kendaraan pribadi termasuk pertimbangan kita. Itu dilihat tahun mobilnya [tahun produksi],” katanya hari ini.

Hanya saja, Darwin enggan menyebutkan kendaraan produksi tahun berapa yang akan dibatasi penggunaan BBM bersubsidinya. Kementerian ESDM saat ini tengah memilah-milah mobil pribadi yang akan dibatasi pemakaian BBM subsidinya sehingga target pemberian subsidi hanya bagi masyarakat yang tidak mampu bisa tepat sasaran.

Pada dasarnya, jelasnya, kementeriannya tetap akan mengkoordinasikan rencana pembatasan penggunaan BBM bersubsidi karena menyangkut kesejahteraan dan daya saing di sektor usaha.

“Jangan sampai penghematan subsidi BBM menyentuh [kelompok masyarakat] yang tidak tepat. Intinya subsidi itu untuk kelompok masyarakat yang pas, termasuk usahawan mikro dan kecil.”

Dia menegaskan kendaraan umum dan sepeda motor tetap diperbolehkan menggunakan BBM bersubsidi. “Kendaraan umum itu jelas tetap [disubsidi], begitu juga dengan kendaraan roda dua. Saya kira dalam waktu dekat ini [mekanisme pembatasan] akan diajukan ke DPR,” tutur Darwin

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.