Tuesday, July 25, 2017

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulubelu Beroperasi 2012

October 22, 2010 by  
Filed under Geothermal

JAKARTA. Pembangkit  Listrik  Tenaga Panas  Bumi  (PLTP) dengan kapasitas  2×55  Megawatt  (MW)  akan  beroperasi  pada  akhir  2012.

Manager Komunikasi  Pertamina  Geothermal Energy  (PGE)  Adiatma  Sardjito mengatakan saat ini untuk pembangunan proyek tersebut  sedang  dalam proses  Engineering, Procurement, Construction (EPC). “PLTP ulubelu akan beroperasi pada akhir 2012,”ujar dia di Jakarta  Kamis  14 Oktober  2010.

Dia  menjelaskan, untuk harga  jual  uap  sudah  disepakati  antara  PLN dan PGE  dengan  harga  US$4,2 sen per kilowatt hour (kwh).

Sementara itu,  Staf Ahli Menteri  Bidang Komunikasi  dan Informasi  Kementerian Energi  dan Sumber  Daya Mineral  (KESDM)  Kardaya Warnika menuturkan, PLTP Ulubelu merupakan  salah  satu proyek yang dikejar pemerintah  dalam program  peningkatan pemanfaatan  panas  bumi  guna mendorong pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT). “Untuk Ulubelu  saat ini sudah dalam tahap evaluasi  harga,”kata dia.

Selain PLTP Ulubelu, lanjut dia, proyek PLTP lain  yang  dimasukan  dalam target  peningkatan  pemanfaatan panas bumi  yaitu  PLTP Lahendong (Sulawesi  Utara) yang saat ini dalam  tahap pekerjaan fasilitas, penyelsaian  PLTP Sarulla (sumatera Utara) sedang  dalam  tahap verifikasi  oleh  Badan Pengawasan Keuangan  dan Pembangunan (BPKB)  serta  PLTP Ulumbu (NTT) dengan kapasitas 5 MW yang  sedang  dalam disain ulang.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.