Friday, May 26, 2017

Pembangkit listrik dengan cangkang sawit

November 7, 2010 by  
Filed under Alternatif

MEDAN: PT Gunung Gahapi Saksi akan membangun pembangkit listrik sebesar 2×15 megawatt (MW) dengan menggunakan cangkang kelapa sawit sebagai bahan baku dengan investasi sekitar Rp150 miliar.

Anak usaha perusahaan baja itu, menurut Ridwan, staf Pemasaran Gunung Gahapi Group, akan membangun pembangkit listrik menggunakan bahan bakar cangkang kelapa sawit yang dihasilkan anak usahanya.

“Gunung Gahapi Group (GGG) mengoperasikan sebuah pabrik PKO [palm kernel oil] di di Medan. Cangkang inti sawit akan dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik,” ujarnya.

Energi listrik yang akan diproduksi perusahaan tersebut digunakan untuk kebutuhan sendiri antara 5-7 MW, sedangkan sisanya dijual kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). “Saya kurang tahu berapa harga jual kepada PLN.”

Selama ini perusahaan pelebuhan besi dan alloy steel ini menggunakan energi listrik relatif besar. Pada malam hari, beban PLN relatif tinggi, padahal perusahaan harus beroperasi 24 jam.

Menyinggung investasi yang dibenamkan untuk membangun pembangkit listrik dengan menggunakan bahan bakar cangkang kelapa sawit, dia mengakui sudah meneken perjanjian nota kredit dengan PT Gunung Gahapi Sakti. “Kalau tidak salah investasinya sekitar Rp150 miliar,” tuturnya.

Dia optimis pembangkit listrik menggunakan bahan bakar cangkang kelapa sawit ramah terhadap lingkungan dan menggunakan bahan baku lokal yang volumenya lebih dari cukup.

Di Indonesia baru satu pembangkit listrik yang sudah operasional dengan menggunakan bahan bakar cangkang kelapa sawit yaitu milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Medan di Kebun Pabatu yang diresmikan tahun lalu.

Energi listrik yang dihasilkan mencapai 7 MW dan sekitar 5 MW digunakan untuk kebutuhan sendiri, sedangkan sisanya dijuak kepada PLN.

Dirut PLN Dahlan Iskan pernah mengungkapkan berapapun energi listrik yang dihasilkan dari cangkang kelapa sawit semua akan dibeli PLN. “Energi listrik dari cangkang kelapa sawit merupakan energi terbarukan yang tidak akan habis serta nilainya relatif ekonomis,” tuturnya baru-baru ini.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.