Friday, January 20, 2017

Pemanfaatan Gas Alam Di Kota Moscow

January 26, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Pengaturan penyaluran gas di Rusia merupakan tanggung jawab Kementerian Energi, sedangkan penyalurannya diserahkan kepada Gazprom (dengan kepemilikan saham 75% Pemerintah, 25% swasta) dan penentuan besar tarif gas ditentukan oleh Dinas Tarif (yang juga menentukan tarif minyak). Sementara untuk penyaluran gas ke konsumen rumah tangga ditangani oleh Kementerian Urusan Wilayah Dalam Negeri.

Untuk pembangunan jaringan gas di daerah/kota, kewenangannya diserahkan kepada Perintah Daerah/Kota setempat. Seperti di Kota Moskow, pembangunan jaringan gas dikerjakan oleh Mosgaz, suatu perusahaan (persero) milik walikota Moskow. Namun, dalam beberapa tahun terakhir sudah mulai ada perubahan dimana perusahaan swasta Rusia maupun asing yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah/Kota atas dasar kontrak.

Pekerjaan konsruksi jaringan pipa gas bumi di Rusia sebagian besar ditangani oleh Perusahaan Stroytransgaz. Perusahaan ini telah menerapkan teknologi konstruksi perpipaan gas bumi dengan menggunakan sistem kontrol yang mampu memantau penyaluran dan konsumsi gas bumi, mengeliminir keadaan darurat dan kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat human error , serta dapat menghentikan penyaluran gas bumi secara otomatis apabila konsumen tidak memenuhi kewajiban membayar setiap bulannya.

Penduduk Rusia yang hidup di wilayah yang jumlah penduduknya sedikit atau terpencil tidak perlu khawatir, sebab pemerintah daerah setempat menetapkan kebijakan Gasifikasi  melalui pendistribusian LPG dan CNG yang dapat dilakukan oleh Gazprom, Badan Usaha Milik Daerah, atau perusahaan-perusahaan lainnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.