Monday, May 22, 2017

Pelatihan Biomassa se-Asia ke -7 digelar

December 1, 2010 by  
Filed under Alternatif

Energi ;  Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi bekerja sama dengan National Institute of Advance Industrial Science & Technology (AIST), dan New Agency Foundation (NEF), selenggarakan pelatihan ke-7 Biomasa se-Asia.

Workshop Biomass yang berlangsung di Jakarta 29 November-1 Desember itu, akan membahas berbagai laporan perkembangan dan penerapan teknologi penggunaan biomasa energi, di masing-masing negara Asia.

“Selain itu juga disampaikan tentang penelitian penggunaan limbah biomasa dari industri pertanian, perkebunan, dan kehutanan untuk produksi bahan bakar nabati padat, cair, dan gas, kajian sistem manajemen biomasa, dan lainnya,” kata Marzan A. Iskandar, Kepala BPPT hari ini.

Dia menyebutkan pertumbuhan ekonomi di negara Asia dalam beberapa tahun terakhir ini, menunjukkan tanda-tanda awal berakhirnya hegemoni Barat, dan bangkitnya ekonomi Asia di kancah dunia, dimana Indonesia menjadi salah satu macan ekonomi yang mulai menunjukkan geliatnya.

Pertumbuhan ekonomi tadi, menurut dia, ditandai dengan permintaan kebutuhan energi yang meningkat secara signifikan. Beberapa negara industri besar seperti Jepang, Korea, dan China, mengimpor lebih banyak minyak bumi dari negara-negara OPEC dan Indonesia sebagai penghasil minyak bumi bahkan mengalami situasi dimana konsumsi minyak bumi domestik melampaui produksinya.

“Dalam kondisi seperti ini, energi terbarukan dari bahan nabati (biomasa) menjadi alternatif baru, untuk mengurangi konsumsi minyak bumi,” ungkapnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.