Tuesday, January 17, 2017

Pelat hitam di Jabodetabek dilarang beli premium 2011

December 4, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Energi ;  Pemerintah akan melarang penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk semua jenis mobil pribadi berpelat hitam di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mulai Januari 2011.

Keputusan tersebut disepakati dalam rapat yang dipimpin oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh. Hadir dalam rapat itu a.l. Dirjen Migas Evita Herawati Legowo, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan bersama Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Djaelani Sutomo.

Djaelani mengemukakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi tersebut, untuk tahap awal hanya akan diberlakukan di wilayah Jabodetabek saja.

“Pembatasan itu akan dimulai per Januari 2011, khusus untuk wilayah Jabodetabek saja, dengan melarang penggunaan BBM oleh semua mobil pelat hitam, kecuali berpelat kuning, roda dua [sepeda motor], roda tiga, dan nelayan. Mereka tetap disubsidi,” tutur dia, hari ini.

Pada dasarnya, jelas dia Pertamina sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) secara bertahap di wilayah Jawa dan Bali.

Hanya saja, dari sisi infrastruktur hanya wilayah Jabodetabek yang siap melaksanakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi tersebut.

Menurut dia, dari sekitar 600 SPBU yang tersebar di wilayah Jabodetabek, sekitar 400 di antaranya sudah menjual BBM nonsubsidi, seperti pertamax dan pertamax plus.

Dia memperkirakan potensi penghematan penggunaan BBM bersubsidi, khusus di Jabodetabek mencapai 500.000 kiloliter (KL) per tahun, dari target total 4 juta KL untuk Jawa dan Bali.

“Diharapkan sampai akhir 2011, di seluruh wilayah Jawa itu sudah dikenakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi. Ini [khusus Jabodetabek] baru tahap pertama sebagai pemicu dan nanti tahap keduanya diperkirakan mulai Juli 2011.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.