Saturday, May 27, 2017

Pasti Pas!

December 13, 2009 by  
Filed under BBM

Pasti Pas Pertamina

Pasti Pas!

Sudah banyak kita lihat pom-pom bensin Pertamina yang menyertakan logo Pasti Pas sebagai tanda bahwa meteran di Pom Bensin tersebut akurat. Nah, siapakah Pasti Pas itu? Apakah lembaga survey independent atau dari internal Pertamina?

SPBU Pertamina PASTI PAS! adalah SPBU yang telah tersertifikasi dapat memberikan pelayanan terbaik memenuhi standard kelas dunia. Konsumen dapat mengharapkan kualitas dan kuantitas BBM yang terjamin, pelayanan yang ramah, serta memiliki fasilitas yang nyaman.Sertifikasi diberikan kepada SPBU yang dinyatakan lulus program Pertamina Way. SPBU ini akan diaudit oleh auditor independen internasional, untuk memperoleh sertifikat tersebut. Program Pertamina Way dikembangkan dalam 5 perspektif, yaitu: staf, kualitas dan kuantitas, peralatan, format fisik, serta produk dan pelayanan tambahan. Dua hal terpenting yang diinginkan konsumen adalah Ketepatan kualitas dan kuantitas serta pelayanan operator, oleh karena itu standar dan program implementasi Pertamina Way difokuskan pada kedua elemen tersebut.

Itu adalah murni dari bagian penmasaran Pertamina sendiri. Tujuannya adalah untuk mendongkrak kepercayaan rakyat terhadap SPBU Pertamina, dalam upayanya mempertahankan konsumen, terhadap serangan produk POM luar, seperti Shell, Petronas, Total dan beberapa SPBU asing lainnya yang beberapa tahun lalu mulai memasuki pasar SPBU Indonesia.Hingga saat ini antara SPBU Pertamina dan SPBU asing terutama Shell mulai menunjukan adanya persaingan  tapi masih cukup sehat dan positf, seperti halnya jarak antara pom bensin satu dan lainnya sudah mulai berdekatan.

Program standardisasi SPBU Pertamina melalui Program Pertamina Way ini diterapkan sejak 2006. Tujuannya agar nantinya semua SPBU yang menggunakan logo Pertamina dapat secara konsisten memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen sesuai dengan standar internasional, dimana konsumen dapat menikmati kualitas dan kuantitas bahan bakar yang terjamin, pelayanan yang ramah, dan fasilitas yang nyaman.

Dengan telah diberlakukannya Undang-Undang Migas No. 22 Tahun 2001 maka sektor hilir migas mau tidak mau menjadi liberal.  Hal ini menjadikan  Pertamina selaku BUMN penyedia energi dalam negeri terus mempercantik diri untuk tetap memimpin dalam persaingan SPBU di Negri  sendiri.  Yang jelas,  format baru SPBU Pertamina  yang lebih baik harus diiringi dengan peningkatan pelayanan yang sangat prima.

Dulu, masyarakat hanya membeli di SPBU Pertamina, bagaimanapun kondisinya, tanpa ada pilihan lain. Kini jaman sudah berubah,  persaingan dalam hal apapun sudah tak bisa dibendung dan menjadi hal yang biasa. Bahkan sesama SPBU Pertamina pun harus bersaing merebut konsumen. Adanya persaingan ini membuat Pertamina mau tidak mau harus berubah dengan penerapan sistem “Pertamina Way”. Kini SPBU Pertamina siap bersaing dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mempersilahkan masyarakat untuk segera menikmati peningkatan pelayanan. Disamping itu pertamina juga terbuka untuk menerima masukan masukan baik positif maupun negatif melalui contact center Pertamina di nomor 500-000 yang yang bisa diakses secara lokal di seluruh Indonesia.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.