Monday, October 23, 2017

Pasokan LNG ke Wester Buyer berpotensi naik

May 8, 2010 by  
Filed under BBG

Volume gas alam cair untuk Western Buyer Jepang yang semula dipatok sebanyak 25 juta ton dalam 10 tahun dalam head of agreement (HoA) masih berpotensi berubah seiring dengan peningkatan kebutuhan pasokan dalam negeri pasca penyelesaian infrastruktur gas domestik.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh mengatakan pemerintah menyadari akan adanya tenggat waktu hingga pertengahan tahun ini untuk memutuskan perpanjangan ekspor LNG ke Western Buyer Jepang.

Dalam pembicaraan dengan kalangan konsumen, tuturnya, pemerintah juga bisa memahami akan adanya tawaran konsumen untuk menghapus denda akibat kekurangan pengiriman sebanyak 90 kargo sebagai bagian dar ketentuan untuk memperpanjang kontrak.

Namun, katanya, pemerintah harus konsisten untuk kedepankan pemenuhan kebutuhan domestik, walaupun untuk itu juga perlu dicermati mengenai kesiapan penyediaan infrastruktur penerima LNG dan pendistribusian gas di Tanah Air.

Pemerintah akan melihat lagi seberapa banyak yang mungkin diekspor dari Bontang untuk meningkatkan manfaat bagi perekonomian nasional.

“Pemerintah masih timbang-timbang berapa dan alasannya apa. HoA masih bisa berubah itu tergantung kita. Kita tidak bisa terpaku pada kesepakatan-kesepakatan bisnis saja. Perubahan itu masih terbuka sejauh yang berkontrak saling memahami. Tetapi hal ini tentu harus ditempuh dengan cara yang baik,” katanya hari ini.

Ketika ditanya mengenai persetujuan dari pemerintah, Darwin mengatakan sejauh ini pemerintah belum pada tingkatan untuk memberikan persetujuan atau tidak. Akan tetapi, dia mengatakan,”Kami akan percepat.”

Terkait dengan kesiapan infrastruktur gas menjelang pengurangan volume ekspor, Darwin mengatakan gas memiliki kekhasan. Menurut dia, dalam memutuskan hal itu pemerintah bukan semata-mata menyandarkan pada komitmen dan konsisten sikap untuk pasokan ke dalam negeri, tetapi juga kepastian pemasarannya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.