Friday, March 24, 2017

Pasokan gas Donggi-Senoro utamakan nasional

April 11, 2010 by  
Filed under BBG

Pemerintah akan menjadikan kepentingan nasional sebagai faktor pertimbangan utama dalam memutuskan alokasi pasokan gas dari ladang Donggi-Senoro.

Menko perekonomian Hatta Rajasa menuturkan pada prinsipnya kepentingan nasional merupakan urutan pertama yang harus didahulukan dalam menerapkan kebijakan energy apapun, termasuk ketika akan mengambil keputusan mengenai alokasi gas dari Donggi-Senoro.

Terlepas dari hal itu, yang terpenting saat ini adalah mempersiapkan infrastruktur penampung gas (LNG receiving terminal) sebagai sarana distribusi gas cair dari ladang tersebut ke sentra-sentra industri di kawasan Jawa dan Sumatra.

“Pada prinsipnya kepentingan nasional nomor satu. Untuk masalah pasokan gas dari Donggi-Senoro, seandainya dilakukan policy A, B atau apapun juga, kan baru bisa diproduksi 2014. Artinya kepentingan jangka pendek untuk industri tidak (belum) mungkin disuplai dari sana,” jelas dia Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam workshop Forum Wartawan Keuangan dan Moneter (Forkem), hari ini.

Namun, Hatta menilai persaingan penjualan gas di tingkat internasional juga perlu menjadi perhatian sambil mulai memetakan kemampuan produksi Tanah Air. Semua itu akan menjadi bahan pertimbangan pemerintah untuk memilih sejumlah opsi terkait kebijakan ekplorasi dan alokasi gas di Donggi-Senoro, apakah akan melakukan suatu pemipaan ke Jawa dan Sumatra atau melakukan industrialisasi besar-besaran.

“Pada 2014  pasar gas dunia akan dibanjiri pasokan dari berbagai negara. Seperti apakah kapasitas dari Qatar, bagaimana kemampuan produksi dari Papua Nugini.  Jadi persaingan penjualan gas di 2014 juga harus diperhatikan,” ucapnya.

Hatta menambahkan terlebih dengan ditemukannya ladang minyak dan gas yang tersebar dan menjauh dari pusat pertumbuhan ekonimi, maka munculnya beragam kebijakan alternative menjadi suatu hal yang wajar untuk bia dipertimbangkan.

Namun, tetap ketersedian LNG receiving terminal di Jawa dan Sumatera menjadi hal mutlak yang harus dipersiapkan pada 2011 guna menjamin ketahanan energy Tanah Air untuk ke depannya.

Kalau barang itu (LNG receiving terminal gas) tidak ada, maka 2012 kita terancam suplai energy. Kalau ada receiving terminal, kekhawatiran itu akan terjawab.”

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.