Friday, January 20, 2017

Pasokan Gas Domestik Dijamin

February 17, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

Pemerintah menjamin pasokan gas untuk pabrik-pabrik pupuk baru. Jaminan itu akan mengandalkan sebuah instruksi presiden.

Salah satu pabrik yang dipastikan pasokan gasnya adalah Pabrik Pupuk Kalimantan Timur 5 di Bontang, salah satu pabrik yang masuk program revitalisasi pupuk pemerintah.

”Pabrik pupuk di Bontang akan dibangun Juli 2010 dengan nilai 800 juta dollar AS. Saya sedang menyusun rancangan inpres (instruksi presiden) khusus tentang revitalisasi pupuk yang, antara lain, menjamin pasokan gasnya ini,” ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta, Selasa (16/2).

Menurut Hidayat, dalam rancangan inpres tersebut, pemerintah meminta kepada Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) agar pasokan gas untuk pabrik pupuk dijamin hingga 10 tahun ke depan.

Ketidakpastian pasokan

Pemerintah sudah mendapatkan komitmen atas pasokan gas itu dari BP Migas dan 17 kontraktor kontrak kerja sama. ”Setelah pabrik pupuk di Bontang, kami akan negosiasi lagi untuk pasokan gas ke Pupuk Iskandar Muda dan Pupuk Sriwidjaja. Mudah-mudahan dalam enam bulan ini kami dapat mencari jalan keluar untuk mereka sehingga pasokan gas bisa diberikan,” ujarnya.

Pada tahun 2011 beberapa pabrik pupuk di Indonesia akan menghadapi ketidakpastian pasokan gas karena kontrak dengan produsen gas habis.Revitalisasi pabrik pupuk terancam tidak maksimal karena kelangkaan gas akan mengganggu produksi (Kompas, 4/2).

Revitalisasi industri pupuk diperkirakan butuh dua tahapan karena pasokan gas yang dibutuhkan tidak maksimal akibat banyaknya aliran gas ke pasar internasional.

Pada tahap I, dari 14 unit pabrik pupuk urea yang ada, lima di antaranya akan diganti dengan enam pabrik baru sehingga diharapkan kapasitasnya akan naik dari 8,048 juta ton per tahun menjadi 10,443 juta ton per tahun.

kompas.Com

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.