Friday, July 28, 2017

Pasokan gas Conoco diharapkan pulih besok

October 4, 2010 by  
Filed under BBG

JAKARTA: Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) berharap pasokan gas melalui pipa milik PT Transportasi Gas Indonesia (TGI) di ruas Grissik ke Riau (KP 277) bisa mengalir mulai besok.

Kepala Dinas Humas dan Hubungan Kelembagaan BP Migas Elan Biantoro mengatakan kebocoran pipa gas di Desa Kampung Sawah, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, pada Rabu siang (29 September) itu berdampak pada operasi hulu. Beberapa sumur-sumur produksi yang memanfaatkan gas dari ConocoPhililps itu mengalami penutupan.

“Laporan terakhir yang kami dapatkan bahwa pengelasan pipa yang robek [penyebab kebocoran] itu sudah selesai dilas pada Sabtu, tetapi memang masih butuh pengujian untuk memastikan tidak ada persoalan setelah gas dialirkan kembali. Besok kita harapkan gasnya sudah bisa mengalir,” tutur dia, hari ini.

Berdasarkan catatan BP Migas, pada hari pertama kejadian telah berdampak terhadap kehilangan produksi dialami oleh Lapangan Duri, Blok Rokan, yang dikelola oleh PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) mencapai 32.000 barel per hari (bph), 3.700 bph di BOB Pertamina-Bumi Siak Pusako, dan 200 bph untuk BUMD Sarana Pembangunan Riau (SPR).

Produksi CPI pada Jumat dan Sabtu turun 152.000 dari rata-rata produksi 374.000 bph, BOB Bumi Siak Pusako 14.000 bph, dan BUMN SPR turun 510 bph.  Bila gas masih tidak bisa dialirkan, lanjut dia, kondisi ini juga dapat berdampak pada penurunan produksi minyak mentah.

Hasil investigasi sementara mengungkapkan kebocoran pipa gas diruas Grissik ke Duri di KP 277 milik TGI dikarenakan faktor geoteknik. “Penyebab kebocoran pipa TGI dari faktor alam. Pipa yang ada melengkung ke bawah. Kemungkinan karena geotekniknya kurang diperhatikan. Pipanya juga sudah berusia 10-12 tahun,” ujarnya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.