Saturday, March 25, 2017

Wapres Buka Pameran Industri Migas IPA 2010

May 20, 2010 by  
Filed under BBM

Wakil Presiden Boediono membuka Konvensi dan Pameran Industri Minyak dan Gas IPA ke-34 di Jakarta Convention Center, Selasa (18/5/2010).

Pada kesempatan itu, Wapres Boediono menyaksikan penandatanganan 14 wilayah kerja migas baru bernilai 146,7 juta dollar AS, termasuk sign bonus berjumlah 14,6 juta dollar AS. Selain kontrak tersebut, penandatangan juga dilakukan untuk delapan Perjanjian Jual-Beli Gas dengan volume total 177,57 tbtu (trillion British Thermal Unit) dengan perkiraan pendapatan kotor senilai  908,73 juta dollar AS.

Wapres didampingi oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Evita Legowo, Kepala BPMIGAS R. Priyono, dan Presiden IPA Ron Aston.

Mengusung tema “Investasi Bersama Demi Pertumbuhan Masa Depan” Konvensi dan Pameran IPA ke-34 yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 Mei 2010 ini bertujuan untuk turut mendukung pemerintah dalam meningkatkan investasi di sektor minyak dan gas di Indonesia. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat senior pemerintah, para legislator, diplomat dan eksekutif dari berbagai perusahaan minyak dan gas lokal serta internasional.

“Tema yang diusung dalam Konvensi dan Pameran IPA ke-34 ini dipilih pada waktu yang tepat dalam upaya mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan belanja investasi serta – yang paling utama adalah untuk menjamin pasokan energi dalam negeri yang cukup guna mendukung pembangunan Negara,” sebut Menteri ESDM Darwin.

Ia menyebutkan bahwa realisasi investasi di sektor hulu minyak dan gas yang meliputi pengembangan, produksi dan eksplorasi telah menunjukkan peningkatan yang signifikan selama lima tahun terakhir dari 5,8 miliar dollar AS di tahun 2004 menjadi 11,3 miliar dollar AS pada tahun 2009. “Dalam kuartal pertama tahun 2010, total realisasi investasi telah mencapai 2,61 miliar dollar AS, lebih tinggi dibanding periode yang sama pada tahun 2009 yang bernilai 2,55 miliar dollar AS,” lanjut Darwin.

Konvensi dan Pameran IPA ke-34 yang berlangsung selama tiga hari ini menghadirkan pembicara-pembicara terkemuka sebagai panelis dalam berbagai sesi dan program. Beberapa tema pembahasan antara lain “Seberapa Jauh Indonesia Mampu Menarik Investasi di Sektor Industri Minyak dan Gas”, “Peran Gas Dalam Memenuhi Pendapatan Negara dan Peningkatan Kebutuhan Energy”, ”Isu-Isu Yang Muncul dari UU Mengenai Lingkungan Hidup bagi Industri Minyak dan Gas,” dan “Memahami dan Mengelola Bisnis Hulu Minyak dan Gas di Indonesia”.

Presiden IPA Ron Aston mengatakan bahwa Konvensi dan Pameran Minyak dan Gas IPA ke-34 menunjukkan kolaborasi yang erat antara para pelaku di industri minyak dan gas Indonesia untuk turut meningkatkan investasi di sektor ini.

“Tujuan utama dari Konvensi dan Pameran IPA adalah untuk meningkatkan investasi di industri minyak dan gas serta menyediakan landasan bagi dialog antara seluruh pemangku kepentingan dan para pembuat kebijakan dalam membahas hal-hal mengenai investasi dan tantangan yang dihadapi sehingga dapat menghasilkan solusi terbaik,” kata Ron.

Kompas.Com

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.