Saturday, March 25, 2017

Oil India butuh dana US$2,5 miliar untuk akuisisi

April 6, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Oil India Ltd membutuhkan dana lebih dari US$2,5 miliar untuk melakukan akuisisi dan meningkatkan produksi aset perusahaan itu di luar negeri sehingga produksi migas negara Asia Selatan itu terdongkrak.

Chairman and Managing Director Oil India Ltd N.M Borah mengatakan perusahaan migas itu membutuhkan dana sekitar US$500 juta hanya untuk melakukan akuisisi.

“Kami akan memulai program itu per 1 April. Bila ingin menangkap peluang atau agar produksi naik, kami harus melakukan dan menyediakan dana itu,” ujarnya hari ini.

Saat ini, India saat ini tengah mencari pendanaan untuk membantu BUMN migas negara itu agar mampu bersaing dengan perusahaan migas asal China untuk menguasai aset di luar negeri.

Bahkan, Pemerintah India telah memberikan target kepada dua BUMN–Oil & Natural Gas Corp and Oil India untuk melakukan akuisisi minimal aset di luar negeri tahun ini sehingga keamanan energi negara itu tetap terjaga, terutama mengamankan permintaan energi.

“Kami tengah menjajaki beberapa peluang, seperti di Afrika, Australia, dan Asia Tenggara. Yang jelas, kami akan melihat peluang itu berdasarkan informasi yang tersedia di publik,” tandas Borah.

Pada Maret lalu, Gulfsands telah menolak tawaran Oil India untuk masuk ke perusahaan itu. Ketika itu, BUMN India itu menawarkan dana US$580 juta. “Oil India bisa menggunakan dananya untuk membeli lapangan minyak,” ujar Vinay Nair, analis Khandwala Securities Ltd hari ini.

Oil India baru saja memperoleh 27,8 miliar rupee dari hasil IPO pada September tahun lalu. IPO itu dilakukan karena perusahaan minyak itu membutuhkan dana untuk mengoperasikan lapangan minyak dan eksplorasi lapangan baru US$1 miliar tahun ini.

BUMN migas India itu telah mentargetkan bisa memproduksi 3,65 juta ton minyak mentah tahun ini dibandingkan dengan 3,57 juta ton pada tahun lalu. Sementara itu, produksi gas ditargetkan bisa mencapai 2.621 juta kaki kubik tahun ini dibandingkan dengan 2.400 juta kaki kubik tahun lalu.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.