Sunday, September 24, 2017

Obama setujui pengeboran minyak pesisir timur AS

April 2, 2010 by  
Filed under BBM

Presiden Barrack Obama Amerika Seriktat hari ini mengumumkan telah  menyetujui pengeboran minyak dan gas alam di pesisir timur AS dan membatalkan rencana pengeboran di Bristol Bay, Alaska.

Obama mengusulkan dilakukan eksplorasi minyak di lautan Atlantik mulai dari bagian selatan Delaware dan jika kongres sudah mencabut moratorium eksplorasi, maka pengeboran juga akan dilakukan di Teluk Meksiko yang terletak 125 mil (201km) dari pesisir barat Florida.

“Untuk memenuhi kebutuhan energi, mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan untuk menciptakan lapangan pekerjaan serta membangun sebuah iklim bisnis yang kompetitif, maka kita membutuhkan sumber energi yang lebih besar disaat kita mencari sumber-sumber alternatif yang baru,” ujar Obama dalam sebuah acara di Andrews Air Force Base di Maryland.

Pernyataan Obama ini merupakan penegasannya yang paling detail terkait rencana eksplorasi di daerah pesisir. Isu terkait eksplorasi minyak telah memecah anggota kongres menjadi dua pihak dan dipercaya dapat mengancam upaya untuk meloloskan undang-undang yang bertujuan untuk mengurangi pemanasan global.

Senator dari partai Demokrat asal Florida, Bill Nelson, mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mendukung undang-undag terkait eksplorasi minyak tanpa batas. Di sisi lain, perusahaan minyak AS menekan pemerintah untuk meningkatkan eksplorasi minyak dalam negeri.

Obama juga menyatakan bahwa ekspansi dalam pengeboran minyak akan membantu AS untuk mengurangi ketergantungan mereka pada sumber minyak luar negeri ditengah-tengah upaya AS untuk mulai beralih pada sumber energi baru.

“Rencana ini merupakan sebuah bagian strategi yang lebih luas yang akan membuat kita beralih dari sebuah sistem ekonomi yang bergantung pada sumber energi yang tidak dapat diperbaharui serta minyak yang berasal dari luar negeri menjadi negara yang begantung pada bahan bakar produksi domestik serta sumber energi yang lebih bersahabat dengan lingkungan. Jawabannya bukan dengan melakukan pengeboran dimana-mana setiap waktu,” lanjut Obama.

Di laut Atlantik, Obama mengusulkan segera dilakukannya eksplorasi dalam sebuah area yang terletak 50 mil dari pesisir Virginia dan segera dilakukan berbagai observasi untuk menemukan ladang minyak dan gas alam yang baru

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.