Monday, October 23, 2017

Obama Bangun PLTN Senilai 8,3 Miliar US Dolar

February 19, 2010 by  
Filed under Nuclear Power

Presiden Amerika SerikatĀ  Barack Obama mengumumkan pemberian jaminan pinjaman sebesar US$8,3 miliar untuk membangun PLTN. PLTN itu merupakan yang pertama dibangun di AS selama hampir tiga dekade. Jaminan pinjaman tersebut secara khusus ditujukan untuk membantu perusahaan listrik terbesar AS, Southern Company. Perusahaan akan membangun dua reaktor PLTN di negara bagian Georgia yang ditargetkan selesai dibangun pada 2016 dan 2017.

“Walaupun kita tidak pernah membangun PLTN dalam 30 tahun, energi nuklir tetap menjadi sumber bahan bakar terbesar yang tidak mengeluarkan emisi karbon,” kata Obama setelah melakukan kunjungan ke sebuah pusat pendidikan di Lanham, Maryland, Selasa (16/2) waktu setempat.

Southern yang berbasis di Atlanta mendukung langkah yang diambil Obama. Sahamnya pun langsung naik 1,86%. “Ini merupakan sebuah dukungan penting bagi tenaga nuklir yang memainkan peranan dalam diversifikasi energi di negara kita dan membantu membatasi emisi gas rumah kaca,” kata Chief Executive Southern, David Ratcliffe.

Sejak kecelakaan pada 1979 di Three Mile Island, AS memang tidak pernah membangun PLTN yang baru. Kecelakaan itu, antara lain, disebabkan melelehnya inti salah satu reaktor yang menyebabkan pelepasan gas-gas radioaktif ke atmosfer.

Menurut Obama, pembangunan PLTN diperlukan guna memenuhi kebutuhan energi AS dan mengurangi dampak perubahan iklim. “Untuk memenuhi kebutuhan energi dan mencegah bertambah buruknya konsekuensi perubahan iklim, kita akan membutuhkan peningkatan tenaga nuklir,” kata Obama.

Energi nuklir adalah satu-satunya sumber listrik yang tidak memancarkan gas rumah kaca, yang dapat secara efektif mengganti bahan bakar fosil guna memenuhi permintaan energi yang semakin bertambah. Pemancar gas rumah kaca yang terbesar di dunia saat ini adalah batu bara. Biarpun batu bara memberikan listrik murah, tetapi pembakaran batu bara di seluruh dunia menciptakan sekitar 9 miliar ton karbon dioksida (CO2) per tahun, yang sebagian besar berasal dari pembangkit listrik.

Pembangkit listrik yang membakar batu bara menyebabkan hujan asam, kabut asap, penyakit pernapasan, kontaminasi merkuri, dan memberi kontribusi utama pada gas rumah kaca dunia. Di lain pihak, sebanyak 441 PLTN yang kini beroperasi di seluruh dunia telah menghindari emisi hampir 3 miliar ton CO2 per tahun yang setara dengan gas buang berasal lebih dari 428 juta mobil.

Untuk itu, Obama menjamin fasilitas PLTN itu aman dan bersih serta memenuhi kebutuhan energi Negeri Paman Sam di masa mendatang. Obama saat ini sedang mendorong undang-undang (UU) yang menghambat emisi gas rumah kaca dari industri dan juga memperluas penggunaan energi terbarukan seperti angin dan matahari. Ia pun berharap partai oposisi, Republik, dapat mendukung rencananya walaupun sebagian besar dari mereka secara tegas menolak.

MediaIndonesia

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.