Friday, January 20, 2017

Nestle Tetap Beli Sebagian CPO dari Indonesia

March 19, 2010 by  
Filed under Bio Energi, Featured

Jakarta – Pihak PT Nestle Indonesia menegaskan meski telah ada perintah pemutusan kontrak dari Nestle Pusat (Eropa) terhadap produk CPO PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART), namun pihak Nestle Indonesia tetap berkomitmen membeli sebagian kebutuhan CPO dari Indonesia dan sebagian lagi dari luar Indonesia.

“Nestle telah mengganti perusahaan di Indonesia, Sinar Mas selaku pemasok minyak kelapa sawit untuk Nestle Indonesia dengan pemasok lain untuk pembelian selanjutnya,” kata Head of Public Relations PT Nestle Indonesia Brata T. Hardjosubroto kepada detikFinance, Kamis (18/3/2010).

Ia mengatakan untuk pembelian selanjutnya, pihak Nestle Indonesia maupun global tidak akan menggunakan CPO hasil produksi SMART. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen perseroan untuk menggunakan minyak kelapa sawit bersertifikat lingkungan (Certified Sustainable Palm Oil) pada tahun 2015.

“Kami telah mempercepat langkah penyelidikan terhadap mata rantai pasokan minyak kelapa sawit yang kami terima guna mengidentifikasi setiap pemasok minyak kelapa sawit yang tidak memenuhi standar lingkungan berkesinambungan kami yang tinggi,” jelasnya.

Dikatakannya pihaknya terus mendesak para pemasok CPO untuk tidak menggunakan pasokan minyak kelapa sawit yang berdampak pada kerusakan hutan tropis dan yang memberikan jaminan tentang asal-usul pasokan yang jelas.

“Kami merasa sangat ikut prihatin tentang ancaman serius terhadap pelestarian lingkungan hutan tropis dan lahan gambut di Asia Tenggara akibat perluasan perkebunan kelapa sawit,” terangnya.

Sementara itu mengenai adanya sanggahan pihak SMART yang mengaku belum menerima pemberitahuan resmi soal pemutusan kontrak tersebut. Barata menegaskan pihak Nestle telah mengirimkan surat secara resmi kepada pihak holding Sinar Mas.

“Kita sudah menyampaikan ke perusahaan yang bersangkutan (Sinar Mas),” kata Barata.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.