Friday, January 20, 2017

Navigat-GE Jenbacher pasang PLTMG Grand Indonesia

November 19, 2010 by  
Filed under BBG

Energi ;  JAKARTA: PT Navigat Energy memasang instalasi pembangkit listrik tenaga motor gas (PLTMG) dari GE Jenbacher gas engine di Grand Indonesia Shopping Town Jakarta, yang bisa menurunkan pemakaian 1,7 juta kg Co2 per bulan, dengan total biaya investasi sekitar US$10,5  juta.

Teges Prita Soraya, Senior Manager Marketing Communications PT Grand Indonesia, menuturkan dengan mempergunakan PLTMG GE Jenbacher gas engine, bisa menghemat energi.

“Peresmian instalasi PLTMG tersebut dilakukan beberapa hari lalu di Grand Indonesia,’ ujarnya di Jakarta, hari ini.

Yudistira A. Wibawa, GM Marketing PT Navigat Energy, distributor GE Jenbacher gas engine, mengatakan GE Jenbacher-Navigat menginstall sebesar 6 x 2,7  MW – 16 MW gas engine, dengan lama pengerjaan sekitar 12 bulan.

Untuk instalasi tersebut, katanya, Navigat mensuplai gas engine lengkap dengan instalasinya. “Sejak 2004, kami ditunjuk sebagai distributor untuk GE Jenbacher gas engine di Indonesia. Saat ini, kami juga diberi tanggung jawab oleh pihak Grand Indonesia untuk melakukan kegiatan operation dan maintenance sehari-hari. Total biayanya sekitar US$10,5 juta,” ujarnya.

Dia menuturkan keunggulan dari mesin ini jiga dibandingkan dengan manufaktur gas engine lainnya, GE Jenbacher dikenal dengan realibilitas dan efisiensinya.

“Hal itu dibuktikan dengan jumlah gas engine yang terinstal saat ini di Indonesia, sudah lebih dari 400 MW. Setara dengan market share lebih dari 50% untuk gas engine yang terpasang di industri dan commercial building di Indonesia. Keuntungan dari penggunaan mesin ini adalah menghemat biaya listrik dari keseluruhan komplek Grand Indonesia, jika dibandingkan dengan PLN,” kata Yudistira.

Saat ini, lanjutnya, Navigat/GE Jenbacher sudah melaksanakan instalasi di sejumlah lokasi mal dan gedung di Indonedsia a.l. Komplek Plaza Indonesia Jakarta sebesar 24 MW, Mal Kelapa Gading Jakarta 10 MW, Kelapa Gading Square 13 MW, Central Park Jakarta 13 MW, dan Mal Ciputra World, Surabaya 6 MW.

Peralatan gas engine GE Jenbacher ini, katanya, diimpor dari Austria. Namun beberapa peralatan pelengkap sudah bisa dibuat di Indonesia.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.