Monday, May 22, 2017

Rencana Motor di Kota Besar Dilarang Pakai Premium

May 26, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

Jakarta – Anggota Komisi V DPR Yudi Widiana Adia setuju dengan rencana pelarangan motor memakai BBM bersubsidi atau premium. Rencana itu cocok kalau diterapkan di kota-kota besar seperti di Jakarta.

“Mengurangi kesemerawutan. Di kota-kota besar kan pengguna motor banyak juga yang bukan dari kalangan bawah,” kata Yudi saat dihubungi detikcom, Rabu (26/5/2010).

Namun aturan itu tidak berlaku untuk di kota-kota kecil. “Di sana masyarakat kecil yang benar-benar menggunakan motor. Lagi pula apa infrastrukturnya memadai untuk menjual BBM non subsidi Pertamax,” terangnya.

Lebih jauh dia berharap pihak Kementerian Energi Sumber Daya Mineral menjelaskan dahulu landasan kebijakannya.

“Apakah benar mengurangi kemacetan dan mengurangi penggunaan BBM subsidi,” imbuhnya.

Bagaimana dengan mobil, apakah masih boleh memakai premium? “Ya kalau itu diriset dahulu, harus ada kajiannya apakah baik atau tidak. Jangan hanya like and dislike,” tutupnya.

Sebelumnya, Dirjen Migas Evita Legowo mengatakan pemerintah berencana melarang penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubdisi untuk sepeda motor.

Hal ini menurut Evita merupakan hasil kesepakatan dari pembicaraannya dengan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

“Kita sudah bicara dengan AISI, kelihatannya sepeda motor tidak dapat (BBM bersubsidi),” ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo.

Ia berharap mekanisme penerapan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi tersebut sudah diputuskan pada akhir Juni. Rencananya hal ini akan mulai diterapkan pada bulan Agustus 2010.

Anda tidak setuju motor dilarang menggunakan BBM bersubsidi? Ikuti pro dan kontra!.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.