Monday, January 23, 2017

Mogok Kerja Total Oil Prancis Meluas

February 23, 2010 by  
Filed under BBM, Featured

PEMERINTAH Prancis menjamin pasokan minyak dalam negeri akan tetap aman meskipun terjadi mogok kerja di kilang-kilang minyak milik grup Total. Mogok kerja itu diperkirakan menjalar ke kelompok-kelompok usaha minyak lainnya yang beroperasi di Prancis.

“Pemerintah akan mengambil langkah-langkah yang memastikan Prancis tidak akan terkurung,” tegas Menteri Perindustrian Christian Estrosi kepada stasiun radio Europe h di Paris, kemarin. Para pekerja memprotes rencana penutupan kilang Dunkirk milik Total di Prancis Utara. Perundingan antara manajemen Total dan para pekerjanya yang sempat berlangsung Minggu (2112), waktu setempat, mengalami jalan buntu.

Serikat pekerja Prancis, General Confederation of Labour (CGT), kemudian meminta mogok kerja juga dilakukan pekerja perminyakan di luar kilang Total. Mereka mengklaim, pada hari ini waktu setempat, para pekerja dua kilang minyak yang dioperasikan Exxon Mobil akan mogok.

Estrosi telah meminta kedua belah pihak melanjutkan pembicaraan. Ia sendiri menyatakan telah menemui Christophe de Margerie dan CEO Total tersebut menjanjikan tidak akan ada pemutusan hubungan kerja maupun penutupan kilang lainnya.

Mogok kerja akan berlangsung selama lima hari dan mungkin diperpanjang. Pekerja menuntut perusahaan minyak terbesar di Eropa itu untuk kembali mengoperasikan kilang Dunkirk. Kilang berhenti beroperasi pada September 2009 akibat penurunan permintaan.

Lampaui US$80

Sementara itu, dari Singapura, dilaporkan, harga minyak di perdagangan Asia kembali menembus US$80 per barel. Harga patokan minyak mentah untuk pengantaran Maret naik US$0,51 menjadi US$80,32 per barel. Kenaikan harga terdorong oleh perkiraan investor bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga di tingkat mendekati 0%. Kebijakan tersebut diproyeksikan mampu mendongkrak konsumsi minyak.

The Fed sebelumnya sempat mengejutkan para investor ketika pada Kamis (18/2) menaikkan suku bunga pinjaman bank darurat 25 basis poin, menjadi 0,75%. Namun, pada hari berikutnya The Fed mengeluarkan sinyal untuk tetap mempertahankan suku bunga.(Reuters/AP/E-8)

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.