Saturday, October 21, 2017

Mitsubishi tetap komitmen lanjutkan Donggi-Senoro

March 6, 2010 by  
Filed under BBG, Featured

JAKARTA – Mitsubishi Corp masih berkomitmen untuk melanjutkan proyek gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Donggi-Senoro kendati hingga kini pemerintah belum memutuskan kelanjutan proyek tersebut.

Vice President LNG Business PT PErtamina (Persero) Harry Karyuliarto mengatakan perusahaan asal Jepang tersebut masih berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama dengan Pertamina dan PT Medco Energi Internasional Tbk untuk merealisasikan proyek pencairan gas alam di Luwuk, Sulawesi Tengah.

Pertamina, tuturnya, sejauh ini juga masih berharap agar Mitsibishi tetap melanjutkan komitmen pembangunan kilang LNG, yang direncanakan berkapasitas 2 juta ton per tahun tersebut.

“Kami dengar mereka tetap berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama. Pertamina juga tetap berharap rencana proyek itu terus berlanjut dan Mitsubishi tetap pada komitmennya,” jelasnya kepada Bisnis hari ini.

Pendapat senada juga diungkapkan Direktur Proyek Medco Energi Lukman Mahfoedz. ”Mereka masih committed.”

Sebelumnya, Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo mengatakan kajian kementerian teknis terhadap proyek Donggi-Senoro sudah tuntas dan diserahkan kepada Wakil Presiden Boediono.

Namun, dia mengakui ada permintaan baru dari Wakil Presiden untuk melakukan kajian ulang.

“Dari kami [kementerian teknis] sudah kami kirimkan. Walaupun kemarin kami diminta untuk kirim ulang. Kajian yang dimaksud terkait dengan teknis dan ekonomis,” katanya.

Bisnis

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.