Thursday, October 2, 2014

Minat Timur Tengah Terhadap Lulusan Pusdiklat Migas Cepu

January 22, 2010 by  
Filed under Seminar

Pusdiklat Migas merupakan salah satu unit kerja departemen energi dan sumberdaya mineral. Tugas pokoknya adalah mendidik sumberdaya manusia indonesia di sub sektor migas, baik hulu maupun  hilir agar dapat bersaing di dunia international. Pusdiklat Migas menyediakan sarana diklat dan peraga yang komplet dan sesuai di lapangan. Para peserta dapat berasal dari PSC ataupun masyarakat umum yang berminat.

selain bidang diklat migas, di Pusdiklat migas juga memiliki sub bidang sertifikasi dimana sudah diakui di dalam dan luar negeri. diantaranya adalah sertifikasi bidang pemboran (operator lantai bor/OMB, de el el) dan sebagainya.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Minyak dan Gas Bumi Cepu, di Cepu, Jawa Tengah, menghasilkan ribuan tenaga siap kerja di industri sektor migas setiap tahunnya. Saat ini lulusan Pusdiklat ini banyak dicari perusahaan-perusahaan migas dari luar negeri, khususnya Timur Tengah.

Hal tersebut diakui berkat kompetensi lulusan Pusdiklat Migas Cepu yang mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. Dari yang tidak tahu apa-apa, peserta Pusdiklat Migas Cepu setelah keluar nanti dijanjikan siap kerja di berbagai industri migas.

Hal itu berkat program pelatihan yang diselenggarakan Pusdiklat Migas Cepu bersifat taylor made. Artinya, jenis pelatihan, kurikulum, dan durasi pelatihan disusun bersama dengan industri migas yang memanfaatkan lulusan-lulusan pusdiklat tersebut nantinya.

Terdapat 15 unit kompetensi di bidang migas yang dapat dipilih oleh para peserta pelatihan. Unit kompetensi favorit di Pusdiklat Migas Cepu adalah studi sebagai operator pengeboran migas dan opeator crane (mobil alat bantu angkat).

Sejak tahun 2003 hingga 2008 Pusdiklat telah menghasilkan lebih dari 10ribu lulusan yang siap bekerja di berbagai industri migas. Saat ini rata-rata per tahun Pusdiklat Migas Cepu meluluskan 2.500 orang yang diantaranya juga peserta berasal dari lar nergi seperti Kamboja, Laos, Vietnam, Filipina, hingga dari negara-negara Afrika.

Keahlian-keahlian yang ditawarkan Pusdiklat Migas Cepu dinyatakannya juga telah sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Bahkan bagi peserta pelatihan yang ingin mendapatkan sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi, Pusdiklat menyediakan program pelatihan yang diujikan untuk mendapat sertifikat tersebut.

Anak perusahaan ExxonMobil, Mobil Cepu Limited (MCL) turut mengakui kompetensi Pusdiklat Migas Cepu sebagai salah satu yang terbaik di dunia saat ini. MCL pada Desember 2009 lalu memberikan pelatihan gratis pada 300 orang lebih warga Tuban, Blora, dan Bojonegoro di Pusdiklat Migas Cepu menyatakan pusdiklat tersebut sebagai nomor 2 yang terbaik di dunia.

Comments

41 Responses to “Minat Timur Tengah Terhadap Lulusan Pusdiklat Migas Cepu”
  1. Pusdiklat cepu itu sendiri maksudnya apakah sama dengan indocita.com pelatihan migas preparation bagi karyawan migas yg mau di ‘export’ di timteng?

  2. admin says:

    Pusdiklat migas cepu awal berdirinya memang hanya untuk memberikan diklat kepada aparatur negara (pns) saja dan tidak memberikan diklat kepada kalangan swasta seperti karyawan dari KPS (KKKS), EPC ataupun kontraktor dan lain sebagainya nya.
    Tapi sekarang telah berkembang, Pusdiklat Cepu saat ini mempunyai Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) setaraf S-1, dengan pengajar internal lulusan S-1, S-2, S-3 lulusan Perguruan Tinggi ternama, ditambah pengajar-pengajar dari ITB, UGM, UNDIP, dan beberapa praktisi-praktisi dari perusahaan-perusahaan minyak ternama.
    Sarana yang disediakan :

    1. Ruang Kelas ber AC, sebanyak 45 kelas.
    2. Alat bantu mengajar, OHP, LCD dan Laptop.
    3. Lab : Bahasa, Minyak dan Gas Bumi, E-P, Pengendalian Kualitas, Statika, Komputer / Internet.
    4. Bengkel Teknik Umum.
    5. Asrama mahasiswa dengan kapasitas 700 orang.
    6. Sarana Olah Raga : Lap. Tenis,Sepakbola, Bulu Tangkis, Lap. Volly Ball, dll.

  3. @Arham

    Mas arham berminat untuk bermain ke timteng? bisa dipersiapkan via pelatihan migas dulu

  4. Nurman says:

    deangan segala hormat saya mohon informasi lengkap (jadwal dan biaya) mengenai diklat operator crane kelas 1 dgn beban angkat diatas 50 ton untuk tahun 2010.atas informasi dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih banyak

  5. Chairul Fajar says:

    maaf cuma mau mengkoreksi, Akamigas atau yang sekarang disebut STEM merupakan suatu badan kerja tersendiri yang sama-sama berada dibawah Badiklat ESDM, yang memiliki tugas penyelenggaraan pendidikan akademis D1-S2, sementara Pusdiklat hanya training dan sertifikasi.

    Akamigas sendiri telah jauh berdiri sebelum Pusdiklat MIgas yaitu tahun 1967 (ketika blok cepu masih dibawah pengelolaan LEMIGAS), walaupun sempat dijadikan satu institusi dengan PPT MIGAS (Pusdiklat Migas sekarang) tapi setelah mendapatkan izin menyelenggarakan program D4 dari depdiknas pada tahun 2002 maka pada 2004 Akamigas menjadi suatu badan kerja otonom dengan nama PTK AKAMIGAS-STEM

  6. Zul Effendy says:

    saya salah satu lulusan Kursus pemboran Migas di Pusdiklat migas Cepu
    alhamdulillah banyak sekali hal yang saya dapatkan selama kursus di Pusdiklat migas cepu yang bisa saya terapkan di dunia kerja

  7. WINDY says:

    Gimana cara mendaftarnya n syaratnya apa aja

  8. FERDIAN says:

    Dengan sgala hormat,saya ingin meminta beberapa penjelasan kpd Pusdiklat migas cepu. bagaimana cara dan syarat mendaftarnya? berapa biaya buat mengikuti pelatihan tsb.? dan terakhir berapa lama waktu yg diperlukan mengikuti pelatihan tsb sampai selesai? terima kasih.

  9. handika says:

    saya ingin bertanya apakah pt migas cepu menerima PKL dalam bidang pembangkit listrik?

  10. Parinton. G says:

    Saya mau tanya jadwal pelatihan untuk menjadi inspector crane kapan, berapa lama dan berapa biayanya sampai selesai (menjadi Crane Inspector)
    Terimakasih dan salam saya,

    Parinton Gultom

  11. kukuh wahyu says:

    dengan segala hormat saya mau menanyakan jadwal pelaksanaan diklatdalam waktu dekat sekarang&estimasi biaya.trimakasih

  12. yoga says:

    cara daftar jd peserta gmn?
    syaratnya gmn?
    trimakasih?

  13. mada says:

    kalo dawi lulusan S1 komunikasi bisa gak daftar di pusdiklat. syaratnya apa?

  14. aulia rahman says:

    slm knl. saya mau tanya tentang pendaftaran dan syarat yg harus di penuhi. trim

  15. Rudi says:

    saya sangat tertarik bekerja di bidang migas, untuk lulusan jurusan ilmu kelautan keahlian apa yg sesuai dengan bidang migas?
    terimakasih..

  16. suhaimi says:

    dengan tdk mengurangi rasa hormat saya, saya ingin menanyakan jadwal waktu diklatyang dekat untuk sekarang n persyaratannya beserta berapa biayanya. trims.

    no hp : 081370355553

    hormat saya

    suhaimi

  17. M.Dannel nasrullah says:

    assalamualaikum friend,saya ingin ikut diklat migas,tetapi perincian jadwal diklatnya saya tidak tahu,mohon bantuanya friend.wassalam

  18. dadik zamhariro says:

    mohon informasi untuk pendaftaran dan biaya, serta waktunya ? terima kasih

  19. suwandi says:

    saya setuju…..
    pusdiklat migas sangat berkualitas dalam mendidik pesertanya.
    saya suwandi dari balikpapan,saya peserta training dari TOTAL E&P INDONESIE,saya masuk jurusan operator production,
    saya sudah 1 bulan setengah menimba ilmu di pusdiklat mjgas cepu.
    dan luar biasa,saya yang lulusan sma dan tidak tau apa2 tentang dunia migas,sekarang sudah mendapat banyak ilmu dan pemahaman tentang industri migas.

    maju terus pusdiklat migas,jadilah yang terbaik.
    dan terima kasih atas semua ilmu yang telah diberikan pada saya.

  20. ghozali says:

    ni saya mau tanya, ada berapa banyak sertifikat untuk operator crane, dan kira-kira berapa duit untuk pengambilan sertifikat semuanya, dan apakah kalo sudah usai dapat sertifikat bisa langsung mendapatkan jobs?

  21. Saya ingin sekali mendapatkan sertifikasi di bidang oil&gas, untuk awal januari 2012 ini adakah pendaftaran untuk mengikuti pelatihan pengeboran (info pendaftaran beserta estimasi biaya)?? Kemudian, jenis jenis pelatihan apa saja selain sebagai Operator Crane yg ditawarkan Disana (Cepu)?? apakah bisa mendaftar di UPN Veteran Yogyakarta,karna saya lulusan Salah satu UN swasta dijogja. Saya sangat mengharapkan dan menghargai atas balasan pertanyaan saya ini, Trimakasih………

  22. Saya ingin sekali mendapatkan sertifikasi di bidang oil&gas, untuk awal januari 2012 ini adakah pendaftaran untuk mengikuti pelatihan pengeboran (info pendaftaran beserta estimasi biaya)?? Kemudian, jenis jenis pelatihan apa saja selain sebagai Operator Crane yg ditawarkan Disana (Cepu)?? apakah bisa mendaftar di UPN Veteran Yogyakarta,karna saya lulusan Salah satu UN swasta dijogja. Saya sangat mengharapkan dan menghargai atas balasan pertanyaan saya ini, Trimakasih banyak………

  23. yansapratama says:

    gimana caranya mau gabung

  24. nurhadi says:

    Dengan sgala hormat,saya ingin meminta beberapa penjelasan kpd Pusdiklat migas cepu. bagaimana cara dan syarat mendaftarnya? berapa biaya buat mengikuti pelatihan tsb.? dan terakhir berapa lama waktu yg diperlukan mengikuti pelatihan tsb sampai selesai? terima kasih.

  25. TEJUH says:

    BGMANA CARA DAFTAR AKAMIGAS?
    APAKAH ANAK SMK BIS GK?

  26. Aji says:

    maaf mau tanya, saya sydah cari2 dengan googling ataw cara lain, kok ga ada ya referensi biaya diklat pengeboran migas di cepu, dan berapa lama diklatnya, karena biaya tergantung banyaknya orang nih & jadwal tentatif, jadinya selalu berubah-ubah, mohon infonya

  27. nur hasanah says:

    dengan segala rasa hormat saya ingin bertanya apakah Pusdiklat Migas Cepu menyelenggarakan pelatihan gratis untuk masyarakat di luar pulau jawa ? mhn infonya karena kalau di jakarta di PUSDIKLAT PEKERJAAN UMUM mengadakan pelatihan gratis melalui biaya APBN setiap tahunnya ? tks mhn infonya

  28. Rifki Wahyudi says:

    cara daftar jd peserta gmn?
    syaratnya ap aj …???

  29. Rifki Wahyudi says:

    cara daftar jd peserta gmn….?
    syaratnya ap aj …???

  30. Vicky suantara says:

    Saya lulusan pusdiklat migas cepu,berkeinginan krja di timur tengah tapi saya belu mempunyai koneksi kesana,,bagi tman2 yg sdah krja di sna sya brharap kalian dpt membantu saya supaya dapat bkerja di timur tengah

  31. agustinus Eroama. says:

    Wasalam.
    Saya mau tanya,
    Kapan di mulai pelatihan crane operator,
    Untuk tahun 2013,tanggal dan bulan berapa
    Serta apa saja persyaratan yang harus
    di lengkapi,kalau dari masyarakat umum
    dan dari mantan pelaut.
    Atas perhatian dan infomasinya,saya mengucapkan
    limpah terima kasih.

    Hormat saya

    Agustinus Eroama

  32. agustinus Eroama. says:

    Serta berapa hari pelatihan dan berapa biayanya.

    Agustinus Eroama

  33. agustinus eroama says:

    selamat siang.

    saya mau tanya.berapa banyak sertifikat untuk jadi crane operator,dan berapa biaya,dan di mana tempat pelatihannya,mohon informasi jadwal pelatihan untuk tahun 2013.
    dan apakah bisa di ikuti oleh perorangan yang bukan pengiriman dari perusahaan tertentu.

    terima kasih atas informasinya.

    agustinus ero ama.

  34. yono says:

    Saya harap dimasa depan Migas cepu akan mengeluarkan SIO crane operator dalam bahasa Inggris,supaya lebih mudah dimengerti INternasional.
    Trima kasih

  35. Asghar says:

    sayalulusan Ilmu pendidikan dan Keguruan, saya igin sekali ikut pelatihan di Pusdiklat Migas Cepu untuk bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3 sementara saya bekerja di perusahaan bukan dibidang MIGAS, Apakah saya bisa ikut pelatihan atas nama pribadi…..mohon konfirmasinya. Trimakasih

  36. negris says:

    gan mohon info alamat kantor dan no telp yg dpt di hub untuk pusdiklat migas cepu

  37. yoga says:

    bagaimana cara mendaftar pelatihan ini ? brpa biayanya ? dan brapa lama wktu pelatihannya . trima kasih :) ) saya sangat antusias mhon infonya bagi yang suda perna mengikuti pelatihan ini

  38. marzuki says:

    salam kenal,
    saya ingin bertanya tentang jumlah keseluruhan biaya yang di perlukan untuk sertifikasi bidang juru bor dan apa saja persyaratannya

  39. wahyu irwandi says:

    selamat malam..

    mas/mba saya mau tanya pelatihan di pusdiklat migas berapa biayanya? dan berapa lama biayanya?
    saya dari jurusan tehnik informatika..apa saya bisa ikut pelatihan….
    untuk mas/mba yg coment di atas yang sudah pernah mengikuti pelatihan.mohon banget infonya yaa….terimakasih..

    hormat saya

    wahyu irwandi

  40. wahyu says:

    bagaimana cara mendaftar pelatihan ini ? brpa biayanya ? dan brapa lama wktu pelatihannya . trima kasih ) saya sangat antusias mhon infonya bagi yang suda perna mengikuti pelatihan ini

  41. diel fiass endah says:

    salam kenal
    saya ingin jadwal OL tahun 2013 dan berapa biaya. apa saja persyaratannya

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.