Thursday, July 27, 2017

Merukh Dapat Kontrak Ekspor Batu Bara Ke Meksiko

March 22, 2010 by  
Filed under Coal

Merukh Enterprises Inc meraih kontrak ekspor batu bara kalori tinggi dengan TMM Coal, perusahaan tambang asal Meksiko senilai US$3 miliar dengan volume pengiriman pertama sebanyak 20 juta ton mulai tahun ini.

Pemimpin Grup Merukh Enterprises Jusuf Merukh mengungkapkan kontrak ekspor batu bara berkalori 6.835-7.414 cal/gram tersebut akan dipenuhi melalui produksi Merukh Flores Coal, yang berlokasi di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

“Tahun ini [Flores Coal] sudah mulai produksi. Mereka [Meksiko] untuk tahun pertama ini akan membeli 20 juta ton, Nanti meningkat terus dan pada tahun ke-5 ditargetkan naik menjadi 30 juta ton,” ujarnya, kemarin sore.

Jusuf memaparkan kontrak penjualan batu bara ke Meksiko tersebut tidak terlepas dari kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke negara tersebut pada tahun lalu.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia bersama Pemerintah Meksiko telah menandatangani satu nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang mengizinkan negara tersebut membeli batu bara dari Indonesia.

“Penjualan batu bara ke Meksiko itu ada hubungannya dengan kunjungan Pak SBY ke Meksiko pada tahun lalu yang telah menandatangani satu MoU dengan Pemerintah Meksiko untuk mengizinkan negara itu untuk membeli batu bara Indonesia. Berdasarkan itulah kami melakukan negosiasi dengan perusahaan Meksiko.”

Jusuf mengakui harga jual batu bara ke Meksiko memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kontrak lainnya, yakni US$150 per ton. Namun, tegasnya, kesepakatan harga tersebut sesuai dengan kualitas batu baranya.

“Dari semua proyek yang ada, produksi batu bara Flores Coal yang paling tinggi tingkatan kalorinya,” tutur Jusuf.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.